PKM UMY Kembangkan Potensi Budidaya Ikan Nila dengan Penerapan Teknologi

YOGYA, KRJOGJA.com – Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melakukan pendampingan pada Kelompok Tani Muhammadiyah Yogyakarta. Bentuk dari program pengabdian ini berupa pengembangan potensi budidaya ikan nila dengn penerapan teknologi tepat guna untuk produktivitas.

Ketua PKM UMY Putri Rachmawati ST MEng yang juga dosen D3 Teknologi Mesin Program Vokasi UMY mengatakan kegiatan diikuti 9-15 orang. Pelatihan sendiri berlangsung September – November 2020.

“Program pengabdian ini untuk membantu masyarakat khususnya kelompok Mina Tani Muhammdiyah Yogyakarta dalam peningkatan kualitas ikan dalam pembesaran dan penghematan listrik PLN,” kata Putri Rachamawati. Program diawali pada 16 September 2020 dan 20 Oktober 2020 dalam bentul sosialisasi budidaya ikan nila dan pemasangan alat panel surya yang dilaksanakan bersama Rinasa Agistya Anugrah SPd MEng selaku dosen D3.

Teknologi Mesin yang berlokasikan di kolam Mina Tani Muhammadiyah di Lowanu Yogyakarta. Dalam sosialisasi ini dihadiri oleh pengurus kolam Mina Tani Muhammadiyah.

Materi yang disampaikan bertemakan tentang bagaimana pengembangan potensi budidaya ikan nila dengan tenaga alternatif memanfaatkan tenaga surya sehingga dapat efektif pengeluaran listrik serta penggunaan udara untuk pembesaran ikan nila.

Pada 02 November dan 21 November 2020 dilakukan pemasangan aplikasi Panel surya untuk perairan kolam di Mina Tani Muhammadiyah. Pada aplikasi panel surya ini menerapkan teknologi tepat guna dalam peningkatan produktivitas proses pembibitan ikan nila.

Dalam waktu 3 bulan proses pembesaran sudah mendapatkan panen 2 kali dalam 2 periode pembesaran, sekaligus mendapatkan penghematan biaya listrik PLN karena menggunakan tenaga surya selama 24 jam tanpa henti. Dalam pemasangan dan sosialisai program kami, Bapak Ir. Imawan Wibisana, MT selaku ketua Kelompok Mina Tani Muhammdiyah dan Bapak Tri Hariyanto selaku Sekretaris 2 kelompok Mina Tani Muhammadiyah menyampaikan bahwa beliau sangat berterima kasih kepada LP3M UMY yang sudah memberikan alat yang tepat guna untuk kelompok tani kami, dan sangat mengapresiasi dengan mengadakan alat panel surya sangat membantu dalam efektifitas pembesaran ikan di kolam kami dan sangat berharap kedepannya masih tetap bersinergi bersama mengembangkan kelompok Mina Tani Muhammdiyah dengan program lain yang dapat memberikan kemajuan bagi kelompok kami.

Pengabdian yang kami laksanakan tak jauh untuk mempererat jalinan hubungan silaturohim dengan warga Muhammdiyah dan menciptakan keharmonisan dengan menerapkan dan mengaplikasikan teknologi tepat guna. (*)

BERITA REKOMENDASI