PKM UMY Kenalkan Augmented Reality Untuk Melatih Kosakata Bahasa Inggris Siswa SD

Editor: Agus Sigit

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Prodi Pendidikan Bahasa Inggris/Fakultas Pendidikan Bahasa UMY menggelar program Penggunaan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Siswa kelas 4 Sekolah Dasar di SD Muhammadiyah Karangwaru.

Ketua Program Kemitraan Masyarakat (PKM) sekaligus dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UMY, Fitria Rahmawati, S.Pd., M.Hum mengatakan program dilakukan melalui WA group untuk Asynchronous meeting dengan Google Classroom; dan Synchronous meeting dengan Zoom.

“Tujuan kami memperkenalkan AR sebagai salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan keterampilan Bahasa Inggris siswa SD sekaligus meningkatkan kosakata Bahasa Inggris siswa SD, khususnya kelas 4 SD,” katanya.

Ditambahkan program ini dilaksanakan pada semester genap TA 2020/2021 selama kurun waktu 3 bulan (25 Maret s.d. 19 Juni 2021). Tahap pelaksanaan melakukan pelatihan pembelajaran kosakata Bahasa Inggris dengan aplikasi Augmented Reality secara daring melalui videoconference menggunakan platform Zoom meeting pada hari Sabtu, 19 Juni 2021 yang dihadiri oleh 35 siswa/i kelas 4 SD, Ibu kepala sekolah, dan guru pengampu Bahasa Inggris.

Yuliani Haryatun, S.Pd. selaku Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Karangwaru dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih pada tim karena telah memilih SD M. Karangwaru sebagai tempat pelaksanaan program.

“Kami atas nama keluarga besar SD Muhammadiyah Karangwaru mengucapkan banyak terima kasih atas pengabdiannya selama ini.” Lebih jauh beliau mengemukakan, “Alhamdulillah kami melihat anak-anak kami juga semangat mengikutinya. Ibu juga mengamati peran orangtua dalam mendampingi putra/i yang dengan sigap merespon setiap infomasi di WA group,” pungkasnya.

BERITA REKOMENDASI