PKM UMY Latih Guru PAUD Menulis Buku Cerita

Editor: Agus Sigit

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) jurusan Komunikasi & Penyiaran Islam/Fakultas Agama Islam UMY menggelar program pemberdayaan guru pendidikan anak usia dini melalui pelatihan penulisan buku cerita pada anak paud KB ‘Aisyiah Surya melati Brajan’. Kegiatan diikuti Tim guru dan pengelola PAUD KB ‘Aisyiyah Surya Melati, Brajan berjumlah 21 orang.

Penanggungjawab Program Kemitraan Masyarakat (PKM), Kholifatul Fauziah menjelaskan Program pengabdian masyarakat ini ditujukan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mendesain naskah karya fiksi berupa pembuatan buku cerita anak, sekaligus meningkatkan reputasi positif institusi pendidikan guru yang bersangkutan melalui peningkatan keahlian guru. Selain itu mampu meningkatkan harta kekayaan intelektual yang dimiliki oleh guru yang bersangkutan itu sendiri.

“Program ini dibagi dalam dua tahap yaitu tahap pelatihan menulis fiksi dan tahap pendampingan penerbitan buku. Tahap pertama telah terlaksana pada 11 dan 18 April 2021. Adapun naskah antologi cerita pendek karya tim guru dan pengelola PAUD KB ‘Aisyiyah Surya Melati, Brajan, telah masuk ke pihak penerbit untuk editing dan lay-outing akhir, pengajuan ISBN, dan penerbitan buku yang telah ber-ISBN itu sendiri,” katanya.

“Alhamdulillah, program ini dapat berjalan dengan baik. Luaran berupa naskah antologi cerita pendek karya para peserta dapat dilahirkan dan sedang dalam proses penerbitan. Selain meningkatkan keterampilan literasi lanjutan para peserta, khususnya dalam hal menulis fiksi, kami berharap karya pelatihan ini menjadi harta kekayaan intelektual institusi dan individu peserta yang dapat memicu kelahiran karya-karya berikutnya,” kata Kholifatul Fauziah.

Suharti, Ketua Paud KB ‘Aisyiyah Surya Melati, Brajan mengatakan manfaat pelatihan ini menambah wawasan dan pengetahuan guru-guru agar dapat mengembangkan ide untuk lanjutan literasi dalam membuat karya buku cerita anak.

BERITA REKOMENDASI