PKM UMY Latih Kemampuan Bahasa Inggris Anak Panti Asuhan

Editor: Agus Sigit

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) prodi Akuntansi, FEB UMY menggelar IMPLEMENTASI KECAKAPAN HIDUP DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI ASRAMA YATIM TAHFIDZUL QUR’AN AL ALIF, PAJANGAN, BANTUL. Kegiatan diikuti 22 anak didik Panti Asuhan pada 12 dan 14 Juli 2021.

Ketua PPM-Muhammadiyah, Margaretha Dharmayanti Harmanto.,S.Pd.,M.Hum yang juga dosen prodi Akuntansi mengatakan tujuan kegiatan ini untuk melatih kemampuan Bahasa Inggris para anak didik di panti asuhan.

“Kegiatan berupa video learning karena masih masa pandemi. karena apabila dilaksanakan secara online, maka yang menjadi kendala di panti asuhan tersebut adalah terbatasnya gawai dan juga sinyal yang kurang memadai. Video learning ini dipilih agar para peserta didik Panti masih bisa melihat kembali pembelajaran yang diberikan dan juga untuk melatih kemampuan Bahasa Inggris mereka secara mandiri,” katanya.

Ditambahkan selain belajar menggunakan video pembelajaran yang dibuat oleh Tim PKM UMY ini, para peserta didik di Panti juga diajarkan tentang kecakapan hidup melalui Bahasa Inggris dengan cara yang “”fun”” yaitu dengan menggambar dengan cat acrylic di atas batu tentang topik yang sudah dipelajari, yaitu tentang hobi dan makanan favorit, kemudian mereka menceritakan hal tersebut melalui media gambar di batu yang sudah mereka buat.

Bapak Mahendro selaku pamong Panti mengatakan metode video learning sangat pas diterapkan saat pandemi karena diera digital anak-anak belajar tidak mudah jenuh dan lebih mudah anak memahaminya. Lewat video learning tersebut sangat membantu anak-anak dlm proses belajar.

BERITA REKOMENDASI