PKM UMY Latih Pemanfaatan Pekarangan Sempit Dengan Hidroponik

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRjogja.com – Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menggelar program Pemanfaatan Lahan Pekarangan Sempit Perkotaan Dengan Teknologi Hidroponik Pilahan KG I/765, RT 040/ RW 012, Rejowinangun, Kotagedhe, Yogyakarta.

Ketua program pengabdian sekaligus Dosen Pembimbing Lapangan, Francy Risvansuna S.P., M.P mengatakan kegiatan ini untuk menghidupkan kembali semangat anggota KWT Agro 40 dalam memanfaatkan pekarangan sempit perkotaan dan juga memberikan pengetahuan kepada anggota KWT Agro 40 tentang berbagai alternatif usaha pemanfaatan pekarangan sempit di perkotaan.

“Warga diberikan ketrampilan tentang pemanfaatan pekarangan sempit perkotaan dengan teknik bercocok tanam menggunakan wall planter dan teknik hidroponik sistem NFT dan sistem wick.” katanya.

Setelah penyuluhan kemudian dilanjutkan dengan penanaman bibit sawi, kangkung, pakcoy, bayam menggunakan wall planter. Setelah itu dilanjutkan dengan praktek menanam menggunakan teknik hidroponik dengan sistem NFT dan sistem wick.

“Alhamdulillah….peserta atau pengurus dan anggota KWT 40 merasa bersemangat kembali untuk mengaktifkan kebun kelompok yang selama ini tidak ada kegiatan. Anggota juga berterima kasih sudah mendapatkan ilmu baru dalam memanfaatkan lahan pekarangan sempit perkotaan dengan bercocok tanam menggunakan teknik hidroponik,” tutupnya.

BERITA REKOMENDASI