PKM UMY Latih Petani Produksi Pupuk Kompos Granul

Editor: Agus Sigit

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Prodi Teknologi Mesin/ Program Vokasi UMY menggelar program Penerapan Teknologi Mesin Granulator Inovatif Pembuat Kompos Granul Untuk Meningkatkan Produktivitas Usaha Kelompok Tani Dusun Karangwuni di Massa Pandemi Covid-19. Kegiatan diikuti petani Kelompok Tani Tunas Maju Dusun Karangwuni, Desa Bangunkerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman pada tanggal 12 Juli 2021.

Ketua Program Kemitraan Masyarakat (PKM) sekaligus dosen Prodi Teknologi Mesin/ Program Vokasi UMY,
Ir. Rinasa Agistya Anugrah, S.Pd., M.Eng. mengatakan kegiatan ini memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi Kelompok Tani Tunas Maju dalam hal pembuatan kompos granul dan menghibahkan alat Teknologi Tepat Guna (TTG) berupa Mesin Granulator pembuat kompos granul.

“Kegiatan ini memberikan penyuluhan tentang pentingnya pembuatan kompos granul atau Pupuk Organik Granul (POG) dan kelebihan serta manfaatnya bagi penyerapan nutrisi tanah dan tanaman dengan narasumber bapak Ir. Mulyono, M.P., Dosen Agroteknologi UMY yang dalam pengabdian ini sebagai anggota pengabdian.

Kemudian Ir. Rinasa Agistya Anugrah, S.Pd., M.Eng. selaku ketua pengabdian menghibahkan Alat Teknologi Tepat Guna berupa Mesin Granulator pembuat kompos granul kepada Kelompok Tani Tunas Maju. Mesin Granulator ini adalah hasil rancangan bapak Ir. Rinasa Agistya Anugrah, S.Pd., M.Eng., Dosen Teknologi Mesin UMY dan Fitroh Anugrah Kusuma Yudha, S.T., M.Eng., Dosen Teknik Mesin UMY yang juga anggota pengabdian. Serta memberikan penyuluhan dan pelatihan pengoperasian Alat Teknologi Tepat Guna berupa Mesin Granulator pembuat kompos granul dengan narasumber apak Ir. Rinasa Agistya Anugrah, S.Pd., M.Eng.
Ketua Kelompok Tani Tunas Maju, Edi Nuryanto mengatakan program pengabdian ini sangat bagus dan bermanfaat. ” Semoga dapat meningkatkan produktivitas dan menambah varian atau jenis pupuk organik padat dalam produksi pupuk organik kami,” katanya.

Tim Pengabdian UMY berharap dengan terlaksananya program pengabdian skema Teknologi Tepat Guna (TTG) ini, maka kelompok Tani Tunas Maju mendapat manfaatnya dan mampu pemproduksi lebih banyak lagi pupuk organik dan dapat menambah pupuk organik jenis baru yaitu kompos granul walau di masa pandemi Covid-19 ini.

 

 

BERITA REKOMENDASI