PKM UMY Latih Remaja Ambarketawang Literasi Digital

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRjogja.com – Program Kemitraan Masyarakat (PKM) UMY di Dusun Bodeh, Desa Ambarketawang, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman menggelar program Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Remaja dimasa Pandemi Covid-19. Kegiatan diikuti 20 remaja anggota Nasyiyatul aisyiyah Ranting Ambarketawang belum lama ini.

Ketua program pengabdian sekaligus Dosen Pembimbing Lapangan, Retno Wulandari mengatakan diharapkan melalui kegiatan ini peserta dapat memproses berbagai informasi, memahami pesan, dan berkomunikasi efektif dengan orang lain dalam berbagai bentuk, yaitu menciptakan, mengkomunikasikan, mengkolaborasi agar teknologi dapat digunakan secara efektif untuk mencapai tujuan.

“Peserta dapat membuat konten kreatif sehingga dapat digunakan sebagai media untuk syiar Islam. Peserta bertanggung jawab terhadap penggunaan teknologi untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya,” katanya

Kegiatan pelaksanaan dilakukan dengan menghadirkan pembicara dosen Program Studi KPI (Komunikasi dan Penyiaran Islam) Fakultas Agama Islam UMY untuk memberikan materi tentang pengertian, manfaat dan penggunaan literasi digital dalam kahidupan sehari-hari khususnya di masa pandemi covid 19 ini. Peserta juga mengikuti workshop bagaimana cara mengidentifikasi apakah sebuah berita dikatakan hoax atau tidak.

“Diharapkan dengan adanya literacy digital ini peserta mampu untuk memahami dan menggunakan informasi dari berbagai tipe format sumber-sumber informasi yang lebih luas, dan menjadikan seseorang mampu mentranformasikan kegiatan melalui penggunaan perangkat teknologi digital,” pungkasnya.

BERITA REKOMENDASI