PKM UMY Latih Remaja Tangkilan Budidaya Anggrek Modern

Editor: KRjogja/Gus

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) UMY menggelar program pengenalan bertanam modern bagi remaja dan anak di RT 7 RW 23 Dukuh Tangkilan Desa Sidoarum, Kecamatan Godean, Sleman. Kegiatan penyuluhan dilakukan melalui grup whatsapp sekaligus untuk memudahkan koordinasi.

Penanggungjawab kegiatan sekaligus dosen Agroteknologi UMY, Innaka Ageng Rineksane, Ph. D mengatakan kegiatan digelar a tanggal 26 Juni 2021 dan diikuti 33 peserta. “Kegiatan ini bertujuan mengenalkan bidang pertanian, meningkatkan kreativitas serta kecintaan anak-anak maupun remaja akan lingkungan sekaligus wawasan baru cara memanfaaatkan waktu dan menikmati masa anak-anak dan remaja di masa pandemi Covid 19,” katanya.

Penyuluhan kepada peserta dilakukan dengan memberikan materi mengenai seni bertanam menggunakan hidrogel dan aklimatisasi anggrek. Peserta dibagi menjadi 4 kelompok dan kedatangan peserta ke lokasi pengabdian dilakukan sesuai jadwal yang ditentukan bagi tiap kelompok.

Saat kegiatan tatap muka, setiap peserta mendapatkan wadah gelas, mengisi dengan hidrogel, memilih tanaman dan menanamnya di wadah gelas berisi hidrogel. Peserta juga mendapatkan pot kecil, mengisinya dengan media pakis dan moss, kemudian menanam tanaman anggrek pada media tersebut.

“Setiap peserta membawa hasil karyanya masing-masing berupa tanaman dalam media hidrogel dan anggrek aklimatisasi pada media pakis dan moss. Di akhir praktek seluruh peserta dalam satu kelompok berfoto bersama dengan membawa karyanya masing-masing. Setiap peserta kemudian pulang, dan dilanjutkan dengan kelompok berikutnya,” tambahnya.

“Peserta sangat bersemangat dalam mengikuti penyuluhan, pelatihan dan pendampingan. Peserta merasa senang karena mendapatkan wawasan baru tentang seni bertanam modern serta memiliki kegiatan bermanfaat di masa pandemi covid-19,” pungkasnya.

BERITA REKOMENDASI