PKM UMY Latih Siswa SMP Penulisan Cerita Pendek BerBahasa Inggris

Editor: Agus Sigit

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) prodi Pendidikan Bahasa Inggris/ Fakultas Pendidikan Bahasa, UMY menggelar Pelatihan Penulisan Cerita Pendek BerBahasa Inggris di SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta. Kegiatan digelar 25 Maret – 26 April 2021 diikuti 7 siswa-siswi SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta.

Ketua Program Kemitraan Masyarakat (PKM) prodi Pendidikan Bahasa Inggris/ Fakultas Pendidikan Bahasa UMY , Arifah Mardiningrum mengatakan kegiatan ini bertujuan Mendorong prestasi menulis cerita pendek Ber-Bahasa Inggris siswa-siswi Muhammadiyah 8 Yogyakarta melalui pelatihan penulisan hingga menghasilkan karya tulis yang dikompilasi dalam sebuah buku.

“Kegiatan dilakukan secara luring dan daring, dan dibagi menjadi tahap pemberian materi dan pendampingan penulisan. Mengingat adanya pandemi Covid-19, kegiatan luring hanya dilakukan dua kali, yaitu di awal pertemuan ketika materi dasar penulisan cerita diberikan, dan di akhir ketika siswa sudah menyelesaikan draft lengkap cerita,” katanya.

Dosen berperan sebagai pemberi materi dan pemberi umpan balik draft tulisan siswa. Tujuh cerita pendek telah dihasilkan oleh siswa peserta, ditambah tiga tulisan guru SMP Muhammadiyah 8 yang ingin berpartisipasi. Hasil karya buku kemudian didaftarkan untuk mendapatkan ISBN.
Kepala sekolah SMP Muh 8 YK, Erfin Widyanto, S.IP. mengatakan pelatihan Menulis Bahasa Inggris dari prodi Bahasa Inggis UMY sungguh sangat bagus untuk membimbing siswa bisa berlatih baik menulis dan berbicara bahas Inggris dengan baik, terbukti ada siswa kami yang kemudian bisa menjadi juara di berbagai kompetisi bahasa Inggris, baik di tingkat kota, provinsi bahkan di tingkat diatasnya.

BERITA REKOMENDASI