PKM UMY Optimalisasi Usaha Rumahan Al Maidah Catering

BANTUL, KRJOGJA.com – Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan optimalisasi pada usaha Rumahan Al Maidah Catering. Kegiatan berupa pelatihan  pencatatan laporan keuangan dan manajemen pemasaran.

Ketua Tim Pengabdian Syah Amelia Manggala Putri SEi MEI dan anggota Safaah Restuning Hayati SE EI MAEk dan Julia Noermawati SE MSI mengatakan program pengabdian berlangsung di Al-Maidah Catering Jogja, Jalan Wojo Salakan 2 No.19 Jotawang, Bangunharjo, Sewon, Bantul, DIY, 5518.

“Pelaksanaan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan dosen Prodi Ekonomi Syariah FAI UMY bekerjasama dengan LP3M UMY merupakan kegiatan yang dilakukan secara bertahap,” kata Syah Amelia kepada KRjogja.com.

Adapun proses kegiatan pengabdian diawali dengan proses survei awal terlebih dahulu oleh tim pengabdian ke lokasi mitra pengabdian yaitu usaha rumahan Al-Maidah Catering Jogja yang dimiliki Oleh Bapak Arif dan Ibu Ajeng. Hal ini dilaksanakan guna mengetahui kondisi, permasalahan yang dihadapi serta potensi dari calon mitra yang dapat dikembangkan.

Permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan usaha rumahan Al Maidah Catering adalah belum adanya pencatatan laporan keuangan dan belum adanya penerapan strategi pemasaran yang efektif dan effisien.

Tim pengabdian mengajukan solusi atas permasalah tersebut dengan dilakukannya pelatihan dan pendampingan pembuatan laporan keuangan sederhana serta pelatihan dan pendampingan manajemen pemasaran. Target luaran yang akan dicapai beberapa diantaranya adalah mitra pengabdian mampu membuat laporan keuangan serta mampu menerapkan manajemen pemasaran yang efektif dan effisien. Kegiatan dilaksanakan dengan peran aktif mitra pengabdian sampai mitra mampu mengaplikasikan target luaran secara mandiri.

“Adapun Hasil dari Pengabdian Kepada Masyarakat ini oleh Tim Pengabdian Dosen Prodi Ekonomi Syariah FAI UMY yang bekerjasama dengan LP3M UMY adalah mitra telah mampu membuat pencatatan laporan keuangan sederhana dan menerapkan manajemen pemasaran yang berpengaruh positif terhadap peningkatan penjualan yaitu dengan cara melakukan strategi pemasaran online usaha rumahan Al Maidah Catering melalui IG Ads,” kata Syah Amelia.

Strategi pemasaran melalui IG Ads dimasa pandemi covid -19 ini terbukti efektif dan efisien dilakukan. Diakhir pertemuan pengabdian juga Tim Pengabdian memberikan hibah kepada Mitra Pengabdian berupa seperangkat peralatan catering yang dapat menunjang usaha rumahan tersebut.         (*)

BERITA REKOMENDASI