PKM UMY Optimalkan Mobile Learning mendukung Pembelajaran Bahasa Inggris di UNIRES

Editor: Agus Sigit

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Program Studi Teknologi Informasi / Fakultas Teknik UMY menggelar program Optimalisasi Penggunaan Mobile Learning Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Bahasa Inggris di UNIRES UMY. Program digelar 10 Juli 2021 diikuti para pengajar bahasa Inggris UNIRES UMY dan mahasiswa UNIRES UMY.

Ketua PKM UMY Titis Wisnu Wijaya, S.Pd., M.Pd. yang juga dosen Program Studi Teknologi Informasi UMY mengatakan Mobile learning merupakan fasilitas yang memberikan informasi elektronik secara umum kepada pembelajar dan educational content yang membantu pengembangan pengetahuan tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Sistem mobile ini memanfaatkan mobilitas perangkat mobile, seperti smartphone, untuk memberikan suatu fungsi pembelajaran yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

“Untuk meningkatkan proses pembelajaran di lingkungan formal maupun informal terutama meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, peserta didik diharapkan dapat memanfaatkan aplikasi yang dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, dan tenaga pengajar dapat memanfaatkan aplikasi mobile sebagai sarana ataupun media dalam mengajar sehingga menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif,” katanya.

Tim pengabdi yang di pimpin oleh Titis Wisnu Wijaya, S.Pd., M.Pd. juga menginisasi untuk mengembangkan platform berbasis mobile khusus untuk pembelajaran bahasa Inggris di UNIRES. Tahap pengembangan sudah sampai tahap 90%.

BERITA REKOMENDASI