PKM UMY Rancang Website islamdigital.id

Editor: Agus Sigit

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) prodi Magister Ilmu Agama Islam UMY program bertajuk “Islam Digital: Meningkatkan Digital Literacy untuk Dakwah dan Kajian Islam di Wonderhome Library”.

Ketua Program Kemitraan Masyarakat (PKM) sekaligu dosen Magister Ilmu Agama Islam UMY, Mohammad Syifa Amin Widigdo mengatakan kegiatan digelar di Wonderhome Library, Mejing Wetan, Ambarketawang, Gamping, Sleman merancang website pengetahuan dan informasi yang dapat dimanfaatkan komunitas Muslim Indonesia dan masyarakat digital.

“Kegiatan pengabdian ini difokuskan pada pembuatan rancang bangun platform digital yang bernama islamdigital.id sebagai pusat informasi dan kajian yang berhubungan dengan Islam dan dunia digital. Kegiatan yang dilakukan dimulai dari rekrutmen tenaga terampil Pembuat Website berkolaborasi dengan startup “Wesclic”. Dilanjutkan dengan Workshop Pembuatan Rubrikasi Website hingga presentasi Dummy dan Rancang Bangun Website.

“Hasil pengabdian ini di antaranya adalah pembuatan pondasi dan rancang bangun website islamdigital.id yang diharapkan dapat menjadi wadah dan sumber yang mampu menyajikan informasi keislaman yang kekinian, terpercaya, dan mencerahkan. Website ini dapat menjadi platform alternatif di tengah maraknya informasi dangkal di dunia digital, yang tidak jarang malah menyesatkan,” tambahnya.

Secara online website ini belum diluncurkan karena masih dalam tahap penyiapan. Tapi, untuk waktu yang tidak lama lagi, Wonderhome Library akan segera meluncurkan website ini sehingga dapat berguna dan dimanfaatkan oleh kalayak luas untuk menemukan pusat sumber informasi dan interaksi yang berhubungan dengan Islam dan dunia digital.

BERITA REKOMENDASI