PKM UMY Sosialisasikan Gizi Seimbang

BANTUL, KRJOGJA.com – Sebanyak 20 orang yang terdiri kader kesehatan, guru PAUD dan ibu rumah tangga mengikuti penyuluhan ‘Peningkatkan Pengetahuan dan Penilaian Status Gizi serta Sosialisasi Gizi Seimbang dan Penyakit Gangguan Gizi. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta di Diro, Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta.

Ketua PKM Ratna Indriawati yang juga dosen di jurusan Pendidikan Dokter FKIK UMY mengatakan pengabdian masyarakat ini bertujuan  untuk memberikan tambahan pengetahuan  tentang gizi anak, peningkatan keterampilan tentang nutrisi gizi seimbang, dan peningkatan pengetahuan gangguan gizi anak.

“Metode pelaksanaan pengabdian meliputi, peningkatan pengetahuan dan keterampilan orang tua anak tentang gizi melalui penyuluhan,” kata Ratna Indriawati. Dikatakannya, promosi kesehatan gizi menggunakan media leaflet. Leaflet merupakan metode sederhana, dapat menarik dan meningkatkan perhatian dan memori terhadap materi penyuluhan pengabdian.

Menurut Ratna, respon sasaran pengabdian sangat bagus.             Peserta sendiri menilai, kegiatan ini menarik dan penting dan berharap ada kegiatan berikutnya.   Promosi Kesehatan gizi anak sangat diperlukan untuk menambah pengetahuan kader kesehatan dan orang tua tentang gizi. Leaflet dapat menjadi salah satu alat yang murah dan praktis untuk promosi Kesehatan. (*)

BERITA REKOMENDASI