PKM UMY Tingkatkan Kapasitas Usaha Kuliner Berbasis Tanaman Obat Keluarga di Pandak Barat

BANTUL, KRJOGJA.com – Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berlangsung Dusun Gluntung Kidul, Desa Caturharjo, Kecamatan Pandak, Bantul.  Kegiatan berupa peningkatkan Kapasitas Usaha Kuliner Berbasis Tanaman Obat Keluarga di Kelompok Surya Putri ‘Aisyiyah Pandak Barat, Bantul.

Menurut Ketua PKM Ir Titiek Widyastuti yang didampingi anggota Ir Eni Istiyanti MP dan Dra Mutia Hariati Hussin MSi, kegiatan diikuti sekitar 20 orang berlangsung mulai 17 Mei – 9 Agustus 2020. Kegiatan yang dilaksanakan berupa pembuatan taman toga: tim memberikan bantuan uang , yang mengerjakan pembuatan taman masyarakat secara gotong royong. Pelatihan dan praktek olahan kelor : mie kelor, puding kelor, wedang kelor.

Pelatihan dan praktek olahan jahe: permen jahe, sirup jahe, manisan jahe dan infuse water jahe. Serta penyuluhan tentang budidaya tanaman obat, Manajemen Usaha dan Strategi pemasaran.
Selain itu juga diberikan bantuan peralatan pembuatan Taman tanaman obat keluarga mulai dari seperangkat alat budidaya tanaman, bibit, -bahan bangunan, gazebo, gapura. Juga bantuan seperangkat alat pengolahan Kelor, seperangkat alat pengolahan Jahe, bantuan gerobag angkringan dan kulkas untuk keperluan memasarkan produk usaha kuliner Toga.

Ketua Ranting Aisyiyah sangat mendukung kegiatan pemberdayaan ini dan berharap kegiatan dapat dilanjutkan di waktu mendatang. Adanya kegiatan pemberdayaan masyarakat ini kapasitas usaha kuliner meningkat, makanan yang dijual lebih bervariasi, manajemen usaha lebih baik dan pemasaran lebih luas. (*)

BERITA REKOMENDASI