PKM UMY Tingkatkan UMKM Susu nabati Via Rebranding dan Marketing Online

Editor: Agus Sigit

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) prodi Ekonomi Syariah/Fakultas Agama Islam UMY menggelar PKM INDUSTRI RUMAHAN SUSU NABATI (PLANT MILK) MELALUI INOVASI PRODUK DAN DIGITAL BRANDING. Kegiatan diikuti UMKM/Industri Rumahan Desa Karang RT 01 RW 03, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar.

“PKM ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing industri olahan susu nabati melalui inovasi produk berupa susu jagung, susu kedelai, dan susu almond. Selain itu, PKM ini juga bertujuan untuk meningkatkan efisiensi produksi dengan melakukan peremajaan alat produksi,” kata ketua program Kemitraan Masyarakat (PKM) sekaligus dosen prodi Ekonomi Syariah/Fakultas Agama Islam, Safaah Restuning Hayati, S.E.I., MA.Ek.

Ditambahkan kegiatan PKM dimulai dengan melakukan survei ke lokasi mitra, yaitu di Karang, Karangpandan untuk memastikan ada masalah yang dihadapi dan melakukan musyawarah untuk menemukan solusi. Selanjutnya bersama mitra membeli alat-alat yang dibutuhkan untuk peremajaan alat, menyelenggarakan pelatihan inovasi produk dan digital branding. Setelah itu, tim melakukan monitoring kepada mitra untuk memastikan produksi berjalan secara efisien dan branding pada media sosial sudah mulai dilakukan.

“Saya berterimakasih kepada UMY yang sudah membantu mengembangkan usaha saya dengan memberikan pelatihan inovasi produk sehingga olahan susu nabati menjadi beragam dan nilai jualnya meningkat. Selain itu, dengan pelatihan digital branding telah menambah pengetahuan saya agar merk produk saya dapat bersaing di ranah digital,” kata Imama Awwaliyah selaku Mitra Pengabdian.

BERITA REKOMENDASI