PPDM Teknik Mesin UMY Buat Meja Hibrid Berbasis Limbah Serbuk Gergaji dan Cangkang Telur

Editor: Agus Sigit

Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) prodi Tenik Mesin Fakultas Teknik UMY menggelar program Fabrikasi Meubel Hibrid Berbasis Limbah Serbuk Gergaji dan Cangkang Telur di Syifa Meubel Citran, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah, 14 Juli 2021.

Ketua PPDM sekaligus Dosen prodi Tenik Mesin, Fakultas Teknik UMY, Dr. Ir. Harini Sosiati, M.Eng mengatakan limbah serbuk gergaji halus yang ada di Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang telah diolah menjadi meubel hibrid dalam bentuk meja makan untuk pasien di Rumah Sakit atau klinik. Meja dibuat dengan gerakan yang fleksibel untuk memudahkan pasien.

“Fabrikasi meuble (meja) hibrid dilakukan menggunakan teknologi komposit hibrid, yaitu limbah serbuk gergaji dengan fraksi berat 30% dikombinasikan dengan limbah serbuk cangkang telur ayam (10% berat) sebagai bahan pengisi, dan epoxy resin (60% berat) sebagai bahan pengikat/matriks,” katanya.

Ditambahkan produk komposit ini menunjukkan kerapatan yang lebih tinggi dibandingkan papan partikel yang ada dipasaran. Hal ini memberikan nilai positif yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi produk yang berkualitas.

Ahmad Iswiyanto selaku mitra PPDM mengucapkan terima kasih kepada UMY yang telah membantu membuat mebel dengan bahan limbah serbuk gergaji dan serbuk cangkang telur. Dengan bahan-bahan tersebut, yang biasanya hanya dibuang, sekarang kami dapat memanfaatkannya menjadi produk mebel yang berdaya guna.

“Mebel buatan UMY ini akan dimanfaatkan sebagai meja rumah sakit. Harapan kami, agar meja ini dapat bermanfaat secara maksimal karena terbuat dari bahan yang mudah di dapat, dengan gerakan yang fleksibel,” katanya.

BERITA REKOMENDASI