PPDM UMY Beri Penyuluhan Kesehatan Diabetes Melitus Warga Tamantirto

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRjogja.com – Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) UMY di Tamantirto, Kasihan, Bantul menggelar penyuluhan kesehatan dengan tema Tamantirto Desa Mandiri Diabetes Melitus, Keluarga Berdaya, Berkualitas Hidup Dan Perilaku Bersih Sehat Di Era Pandemi Covid 19. Kegiatan digelar pada 2-4 Maret 2021 dengan jumlah 50 peserta terdiri penderita diabetes melitus (khusus) dan masyarakat umum.

Penanggungjawab kegiatan sekaligus dosen Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY, Titiek Hidayati mengatakan kegiatan bertujuan meningkatkan pengetahuan dan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat pasien DM
sekaligus meningkatkan pengetahuan penerapan kebiasaan olahraga pasien DM.

“Selain penyuluhan juga dilakukan pemeriksaan gula darah sewaktu secara gratis kepada para peserta yang telah hadir dalam acara penyuluhan. Acara penyuluhan dan pemeriksaan GDS berlangsung dengan protokol kesehatan Covid-19,” katanya.

Ditambahkan metoda penyuluhan yaitu menggunakan audiovisual untuk menampilkan media power point dan video, setelah selesai penyuluhan dilakukan diskusi. Evaluasi kefahaman dilakukan dengan memberikan pertanyaan sehingga dapat mengukur tingkat peningkatan kefahaman setelah dilakukan penyuluhan, pelatihan dan diskusi.

“Peserta berharap adanya kegiatan lanjutan yang dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk masyarakat secara luas,” kata Titiek.

Menurut Titiek, pengetahuan masyarakat tentang Diabetes Melitus sudah cukup baik namun perlu untuk selalu dilakukan penyuluhan-penyuluhan serupa agar masyarakat menjadi faham betul tentang penyakit tersebut, sehingga dapat tercipta masyarakat mandiri yang berdaya.

“Program pemberdayaan masyarakat ke depan diharapkan dapat mencari metode yang lebih sesuai dan efektif-efisien untuk pemberdayaan di masyarakat,” pungkasnya.

 

 

BERITA REKOMENDASI