PPDM UMY Dampingi Anggota PKK Bertanam Sistem Aquaphonik dan Kelompok Budidaya Ikan

Editor: Agus Sigit

Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) jurusan Teknologi Elektro-medis/Program Vokasi di Desa Wirokerten menggelar PENINGKATAN PEMANFAATAN AIR KOLAM DENGAN POLA PAKAN IKAN OTOMATIS SERTA BUDIDAYA TANAMAN AQUAPONIK PADA KELOMPOK BUDIYAYA IKAN DAN PKK DENGAN MEMANFAATKAN ENERGI MANDIRI. Program digelar Februari sampai Juli 2021.

Ketua PPDM UMY Nur Hudha Wijaya, S.T., M.Eng yang juga dosen Teknologi Elektro-medis Program Vokasi UMY mengatakan program diikuti Kelompok Budidaya ikan dan Ibu-ibu PKK dengan tujuan membantu Ibu-ibu PKK khususnya di lingkungan kolam dimasa pandemi dapat dan mampu mengelola dan memanfaatkan kebuh Aquaponik.

“Dengan adanya pakan ikan otomatis Panen ikan semakin menjadi lebih singkat, lebih cepat 1 bulan dari biasanya,” katanya.

Ditambahkan saat ini desa wirokerten memiliki 4 hektar lahan untuk perikanan yang dikelola oleh BUMDES. Dengan kolam yang luas tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal, hanya digunakan untuk budidaya ikan saja. Ibu-ibu PKK di kelurahan Wirokerten juga masih banyak yang memilih membeli sayur mayur, buah atau keperluan rumah tangga untuk di masak setiap harinya.

“Dengan aquaphonik ibu-ibu PKK perlahan mulai tertarik menanam sayuran sesuai dengan kemauan masing-masing. Kegiatan Pengabdian Masyarakat sangat membatu masyarakat sekitar kolam, khususnya ibu-ibu dan pengelola kolam menjadi lebih berhemat untuk keperluan sehari-hari,”

Hasil pengabdian ini sangat bermanfaat dan sangat membantu bagi ibu-ibu PKK khususnya warga sekitar kolam, karena tidak ketergantungan terhadap penjual sayur keliling, begitu pula pengelola kolam ikan, percepatan panen ikan sangat dinikamti, dengan selisih 1 bulan.

BERITA REKOMENDASI