PPDM UMY Dampingi Pamong Desa Murtigading Kembangkan Informasi Geospasial

Editor: Agus Sigit

Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik, UMY di Kalurahan Murtigading, Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul menggelar program PENGEMBANGAN INFORMASI GEOSPASIAL PRASARANA DESA UNTUK PERENCANAAN PEMBANGUNAN YANG PARTISIPATIF. Kegiatan diikuti Pamong Kalurahan Murtigading (Lurah, Kamituwa, dan 18 Dukuh) berjumlah 23 orang.

Ketua Program Pengembangan Desa Mitra, Dr. Ir. Noor Mahmudah, S.T., M.Eng., IPM menjelaskan kegiatan yang digelar dari bulan Februari hingga Juli 2021 ini bertujuan mendampingi Pamong Desa dalam memetakan prasarana desa dan mengembangkan Informasi Geospasial (IG) tematik untuk infrastruktur jalan, prasarana pendidikan, kesehatan, dan peribadatan di Kalurahan Murtigading, Pakanewon Sanden, Kabupaten Bantul, dengan mengaplikasikan Geographical Information System (GIS) untuk mendukung RPJM Desa.

Ditambahkan tim Pelaksana PKM UMY terdiri dari dosen dan mahasiswa Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik UMY, yaitu Dr. Ir. Noor Mahmudah, S.T., M.Eng., IPM., Ir. Nursetiawan, M.T., Ph.D., Lofipta Laendra, Wahyu Nur Avian, dan Ikhwan Fachrurazi.

Hasil kegiatan berupa peta Informasi Geospasial (IG) berbasis GIS yang berisi data sebaran lokasi dan kondisi terkini infrastruktur jalan desa, prasarana pendidikan, kesehatan, dan peribadatan dalam dokumen geodatase (GIS) dan dalam bentuk peta analog.

Kegiatan PKM ini melibatkan Pamong Kalurahan Murtigading, antara lain: Lurah (Drs. Sutrisno), Kamituwa (Wahid Hidayat, S.T.), 18 Dukuh, KPMD, serta masyarakat di Kalurahan Murtigading, baik dalam proses survei pendahuluan, pengumpulan data dan pemetaan, pembuatan IG prasarana desa dengan QGIS, sinkronisasi data IG melalui FGD, serta sosialisasi data Informasi Geospasial kepada seluruh Pamong Kalurahan.

 

BERITA REKOMENDASI