PPDM UMY Dampingi Pokgiat Desa Poncosari Rebranding Kripik Pare

Editor: Agus Sigit

Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam UMY menggelar program Peningkatan kualitas rebranding produk kripik pare di Desa Poncosari,Srandakan, Bantul pada hari Sabtu tanggal 24 April 2021.

Ketua Program Pengembangan Desa Mitra, Imam Suprabowo menjelaskan kegiatan diikuti anggota kelompok kegiatan masyarakat di pedukuhan Koripan dengan materi latihan peningkatan rasa, bahan, dan kemasan produk olahan pare (kripik Pare).

“Berbagai tahapan kegiatan tersebut yaitu kegiatan diskusi dengan mitra masyarakat, perancangan rasa baru, perancangan merek, perancangan logo, perancangan maskot, pendesaian tampilan muka dan jenis kemasan baru, produksi jenis kemasan baru, dan diakhiri dengan latihan pembuatan porduk baru dengan varian rasa baru,” katanya.

Ditambahkan pelatihan pembuatan produk dilakukan di rumah ketua kelompok masyarakat dengan dihadiri anggota kelompok secara terbatas. Hal ini untuk menjaga protokol kesehatan karena kegiatan dilakukan masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Selain itu kegiatan dilakukan di ruangan terbuka dan semua peserta mengenakan masker.

“Selain itu dilakukan pula evaluasi kegiatan bersama anggota kelompok dan penyerahan bantuan berupa alat masak serta bahan baku produk sebagai tambahan modal,” tambahnya.

Ketua kelompok masyarakat, Bapak Sujatno menyambut baik program pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan. Menurutnya kegiatan dapat dilanjutkan atau dikembangkan sehingga inovasi yang telah terjadi di masyarakat dalam bentuk varian rasa keripik pare dapat lebih berkembang lagi.

Ibu-ibu anggota kelompok masyarakat juga merasa terbantu dengan kegiatan pelatihan karena dapat menjadi peluang meningkatkan penghasilan di tengah kondisi Covid-19 yang terkadang menyulitkan.

BERITA REKOMENDASI