PPM-Muhammadiyah Bantu LP3M UMY Kembangkan Aplikasi Prosiding Online

Editor: Agus Sigit

Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) prodi teknik mesin, Fakultas Teknik UMY menggelar Pendampingan pengelolaan prosiding seminar nasional pengabdian masyarakat. Kegiatan digelar di Lp3M UMY pada Februari – Mei 2021.

Ketua PPM-Muhammadiyah sekaligus dosen teknik mesin, Fakultas Teknik UMY, Dr. Ir. Wahyudi, ST.,MT. mengatakan LP3M UMY belum memiliki aplikasi prosiding online, sehingga sampai saat ini artikel-artikel dari seminar nasional tersebut belum diupload di prosiding online. Hal tersebut mengakibatkan artikel yang diseminarkan tidak dapat diakses dan dirujuk oleh publik. Di sisi lain, artikel yang terindeks Google Scholar sangat dibutuhkan baik oleh dosen sebagai individu maupun oleh universitas.

“Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu LP3M UMY dalam pengembangan prosiding online untuk menampung artikel seminar nasional. Pelaksanaan kegiatan diawali dari analisa kebutuhan oleh LP3M UMY, dilanjutkan dengan pengembangan aplikasi prosiding online oleh Biro Sistem Informasi UMY,” katanya.

Ditambahkan aplikasi dikembangkan dari software open source. Alamat URL prosiding seminar nasional pengabdian adalah https://prosiding.umy.ac.id/. Selanjutnya dilakukan pelatihan pengelolaan aplikasi kepada admin LP3M. Admin LP3M melakukan upload semua artikel yang sudah pernah diseminarkan pada Seminar Nasional Pengabdian. Saat ini artikel-artikel yang sudah tersebut telah terindeks oleh google scholar.

Dengan adanya aplikasi untuk prosiding online ini, artikel-artikel yang sudah diseminarkan menjadi lebih mudah diakses dan dirujuk. Harapannya bisa meningkatkan sitasi artikel-artikel tersebut Seminar nasional pengabdian masyarakat yang dilaksanakan setiap tahun oleh LP3M UMY telah memiliki wadah untuk publikasi prosidingnya.

BERITA REKOMENDASI