PPM-Muhammadiyah Bantu Penyempurnaan Aplikasi Simlitabmas Lp3M UMY

Editor: Agus Sigit

Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) prodi teknik mesin, Fakultas Teknik UMY menggelar Pendampingan pengelolaan administrasi pengabdian masyarakat dengan aplikasi simlitabmas. Kegiatan digelar di Lp3M UMY pada Februari – Mei 2021.

Ketua PPM-Muhammadiyah sekaligus dosen teknik mesin, Fakultas Teknik UMY, Dr. Ir. Wahyudi, ST.,MT. mengatakan Kegiatan ini bertujuan untuk membantu LP3M UMY dalam pengelolaan administrasi dan data pengabdian masyarakat. Seperti diketahui Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan perguruan tinggi memberikan manfaat bagi masyarakat, perguruan tinggi maupun pemerintah.

“Program ini diawali dengan proses pengumpulan kebutuhan untuk mengetahui kebutuhan pengguna. Secara rutin dilaksanakan pertemuan dengan mitra untuk membahas analisa kebutuhan sistem ini.
Berdasarkan evaluasi pelaksanaan tahun sebelumnya dan juga berdasarkan perubahan prosedur hibah pengabdian masyarakat, dilakukan update pada aplikasi simlitabmas khususnya menu pengabdian,” katanya.

Ditambahkan setelah update aplikasi diselesaikan, dilakukan pelatihan admin pengelola. Kegiatan ini diberikan kepada admin yang akan melakukan pengelolaan data. Hal ini dimaksudkan untuk ketepatan layanan serta keberlanjutan kegiatan. Proses terakhir adalah sosialisasi ke dosen, agar dosen dapat menggunakan aplikasi simlitabmas dengan mudah.

Hasil dari pengabdian ini saat ini admin lebih mudah mengelola data pengabdian, sehingga pelaporan ke pimpinan universitas terkait datapengabdian juga lebih cepat dan akurat. Proses administrasi pengabdian masyarakat telah dilaksanakan oleh LP3M UMY. Sejak proses pengajuan proposal oleh dosen, review proposal, penetapan, pendanaan sampai dengan pelaporan telah dapat dilaksanakan dengan aplikasi simlitabmas.

BERITA REKOMENDASI