PPM-Muhammadiyah Bekali Kader Pashmina Teknik Komunikasi Konsultasi Virtual

Editor: Agus Sigit

Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) prodi Ilmu Komunikasi/FISIPOL UMY menggelar program PEMANFAATAN MEDIA ONLINE UNTUK KOMUNIKASI DAN KONSULTASI VIRTUAL PADA PROGRAM PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DI PIMPINAN DAERAH NASYIYATUL AISYIYAH BANTUL.

Ketua Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) sekaligus dosen Ilmu Komunikasi/FISIPOL UMY UMY, Aswad Ishak mengatakan program diikuti Voluunter dan kader pashmina untuk memfasilitasi pembuatan media online yang akan digunakan untuk melakukan konsultasi dan edukasi kesehatan reporoduksi bagi remaja.

“Peserta dibekali pelatihan teknik komunikasi dalam menjalankan konsultasi virtual sekaligus pemanfaatan media online dengan membuat dan mengaktivasi media sosial online dan atau website. Hal ini dapat ditujukan untuk memberikan kemudahan antara PASHMINA dan mitranya untuk melaksanakan konsultasi permasalahan yang sedang dihadapi. Dengan demikian hambatan ruang dan waktu dapat diminimalisir.,” katanya.

Mitra juga dilatih tentang teknik berkomunikasi secara efektif untuk keperluan penanganan permasalahan remaja. Hambatan komunikasi akan dapat dikurangi dan teknik berbicara dalam dunia maya. Sehingga dengan bekal yang ada akan dapat memperoleh hasil yang optimal.

Program yang dilaksanakan membantu memberikan solusi permasalahan edukasi dan konsultasi mengenai kesehatan reproduksi bagi remaja yang dilakukan oleh Pashmina PDNA Bantul. Dalam situasi pandemi permasalahan remaja khususnya kesehatan reproduksi terus ada dan perlu saluran komunikasi yang mudah dan biasa digunakan oleh remaja.

BERITA REKOMENDASI