PPM-Muhammadiyah Latih Manajemen Emosi Orangtua PJJ Saat Pandemi

Editor: Agus Sigit

Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) Fakultas Agama Islam UMY menggelar Peningkatan Kapasitas Sekolah Untuk Mendukung Pembelajaran Saat Masa Pandemi di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Tlogolelo, Hargomulyo, Kokap, Kulon Progo. Kegiatan digelar Senin, 22 Februari 2021 untuk orang tua siswa dan Senin 1 Maret 2021.

Ketua PPM-Muhammadiyah, Cahyo Setiadi Ramadhan, M.Psi. yang juga dosen Fakultas Agama Islam UMY mengatakan kegiatan bertujuan memahami langkah-langkah yang diperlukan untuk mendampingi anak (sebagai guru ataupun pengasuh) dalam belajar di kala pandemi Covid-19.

“Kegiatan yang dilakukan merupakan bagian dari program yang lebih luas di TK ABA Tlogolelo untuk membantu sekolah menghadapi pembelajaran jarak jauh (PJJ). Kegiatan ini berfokus pada peningkatan kemampuan orang tua maupun guru di sekolah dalam manajemen emosi saat mendampingin anak belajar di masa pandemi Covid-19. Kemampuan pengendalian emosi sangat dibutuhkan di dalam pengasuhan dan pendidikan anak-anak. Terlebih di masa pandemi Covid-19 yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi kondisi perasaan,” katanya.

Ditambahkan kegiatan peningkatan kemampuan manajemen emosi guru dan orang tua dilakukan secara terpisah agar lebih fokus. Walaupun demikian inti materi yang disampaikan pada kedua pertemua sama. Pemateri yaitu Cahyo Setiadi Ramadhan, M.Psi menyampaikan bahwa kondisi pandemi secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi kondisi psikis individu. Hal tersebut menjadikan orang tua ataupun guru menjadi tertekan dan tidak tenang dalam mengasuh anak. Hal ini dapat berdampak kepada anak dan pengasuhanpun menjadi tidak maksimal.

Selain kegiatan pembekalan atau pelatihan pengendalian emosi, terdapat juga kegiatan program lain yang masih terkait. Untuk membantu hambatan pembelajaran jarak jauh di lingkunan TK ABA Tlogolelo, LP3M UMY mengadakan kegiatan radio edukasi. Termasuk dalam kegiatan radio edukasi tersebut yaitu pelatihan kepada guru untuk produksi media pembelajaran audio.

“Pelatihan pembuatan audio pembelajaran tersebut tentu akan bermanfaat bagi guru dalam inovasi penyampaian materi di kala tidak memungkinkan untuk tatap muka di sekolah. Pelatihan sendiri dilakukan oleh Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) UMY Kelompok 13,” tambahnya.

Kepala Sekolah TK ABA Tlogolelp, Ibu Sunaryatin menyampaikan rasa terimakasih terhadap kegiatan LP3M melalui pengabdian dosen di lingkungan sekolahnya. Kepala sekolah marasa pelatihan atau pembekalan kepada guru diperlukan untuk meningkatkan kemampuan guru di lingkungan sekolahnya.

 

BERITA REKOMENDASI