PPM-Muhammadiyah Latih Pengolahan Produk Pertanian Anggota Aisyiah Blunyahgede

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRjogja.com – Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) UMY melatih Keterampilan Pengolahan Produk Hasil Pertanian bagi anggota Aisyiyah Ranting Blunyahgede, Mlati, Sleman belum lama ini.

Penanggungjawab program pengabdian sekaligus Dosen Pembimbing Lapangan, Ir. Pujastuti S Dyah, MM, dan Ir. Lestari Rahayu MP mengatakan kegiatan bertujuan meningkatkan ketrampilan sekaligus menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi ibu-ibu anggota Aisyiyah.

“Kegiatan diisi pelatihan ketrampilan pembuatan produk, pengemasan dan pelabelan olahan bubuk cabai dan bubuk jahe. Berbagai bentuk olahan menjadi solusi agar produk tersebut menjadi lebih bermanfaat dan disukai konsumen,” katanya.

Pengolahan dalam bentuk bubuk cabai sangat membantu ibu-ibu rumah tangga dalam memenuhi kebutuhan dapur sehari-hari, selain rasanya yang enak, produk olahan ini sangat praktis dan bisa tahan lama asalkan disimpan dan dikemas dengan baik. Demikian juga dengan olahan bubuk jahe, saat ini banyak diperlukan sebagai minuman segar penghangat tubuh dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

“Harapan selanjutnya, mudah-mudahan kegiatan ini dapat meningkatkan ketrampilan dan sekaligus menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi ibu-ibu anggota Aisyiyah,” tambahnya.

Sementara Ketua Aisyiyah ranting Blunyahgede, Ibu Dyah Maharani sangat mengapresiasi kegiatan ini. dan diharapkan Ibu- ibu Aisyiyah Ranting Blunyahgede paham dan bisa melakukan penanganan produk pertanian yang mudah rusak agar dapat tahan lama.

BERITA REKOMENDASI