PPM-Muhammadiyah Latih Takmir Masjid Dakwah Digital di IG

Editor: Agus Sigit

Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) Ilmu Pemerintahan / FISIPOL UMY menggelar program PENINGKATAN KAPASITAS SDM TAKMIR MASJID DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA DAKWAH DI MASA PANDEMI COVID-19. Program digelar di Masjid Al-Ihsan Trihanggo, Gamping, Sleman selama bulan April-Mei 2021 diikuti anggota Takmir Masjid Al Ihsan.

Ketua Program Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah sekaligus dosen Ilmu Pemerintahan / FISIPOL UMY, Dian Eka Rahmawati mengatakan program bertujuan meningkatkan kemampuan takmir masjid dalam mengelola media sosial sebagai media dakwah alternatif di masa pandemi covid-19.

“Kegiatan pengabdian dilaksanakan di Dusun Trini, Trihanggo, Gamping, Sleman. Mitra kegiatan adalah Takmir Masjid Al-Ihsan Trini. tim pengabdi dan mitra mengadakan kegiatan pengabdian yang bertujuan untuk mentransformasikan sebagian kegiatan dakwah di masjid melalui platform media sosial, yaitu Instagram,” katanya.

Metode yang dilakukan adalah dengan mengadakan pelatihan dan pendampingan pembuatan konten dakwah dalam bentuk foto/gambar/poster yang menarik dan video singkat untuk diupload di media sosial Instagram. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah tersedianya akun Instagram resmi yang dikelola oleh takmir masjid dan konten-konten yang diupload dalam akun Instagram tersebut.

Takmir Masjid Al-Ihsan mengaku terbantu dengan kegiatan ini untuk merevitalisasi akun Instagram Masjid sekaligus memberi ruang bagi remaja masjid Al-Ihsan untuk berkreasi membuat konten syiar dan dakwah untuk mengisi keterbatasan dakwah secara offline karena kondisi pandemi covid-19.

 

BERITA REKOMENDASI