PPM Muhammadiyah Terapkan Solar Cell untuk Pensuplasi Listrik

BANTUL, KRJOGJA.com – Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) di Lingkungan Ranting Muhammadiyah Wirokerten berlangsung selama bulan Juli 2020 sampai Oktober 2020. Kegiatan yang merupakan pengabdian masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini berupa penerapan teknologi Solar Cell Sebagai Pensuplai Listrik dan Media Edukasi.

Ketua Program Pengabdian Rinasa Agistya Anugrah SPd MEng yang juga Dosen Teknologi Mesin Vokasi UMY mengatakan, sasaran dari program pengabdian ini adalah warga Persyarikatan di tingkat Ranting Muhammadiyah Wirokerten dan Pengurus Ketakmiran Masjid Istiqomah. “Acara yang diikuti 25 orang ini bertujuan untuk mengaplikasikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di lingkungan PRM Wirokerten khususnya di Masjid Istiqomah Wirokerten dan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada warga persyarikatan tentang Instalasi PLTS,” papar Rinasa.

Metode pelaksanaan program dengan cara penyuluhan tentang cara instalasi pembangkit listrik tenaga surya. Peserta yang terlibat adalah warga persyarikatan muhammadiyah di Ranting Muhammadiyah, Pengurus Ketakmiran Masjid Istiqomah dan perwakilan guru TK ABA kepuh Wetan. Melalui adanya sosialisasi ini dapat menambah wawasan masyarakat persyarikatan.

Kemudian Pembuatan Modul cara instalasi pembangkit listrik tenaga surya. Penyuluhan tentang Pengetahuan PLTS dilakukan untuk menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat persyarikatan Muhammadiyah di lingkungan Ranting Wirokerten. Desain instalasi pembangkit listrik tenaga surya dilakukan oleh tim pengabdian karena yang memiliki kompetensi dan ide adalah dari Tim Pengabdi PPM Muhammadiyah.

Sedangkan proses pembuatan instalasi pembangkit ini, tim pengabdi melibatkan masyarakat persyarikatan Muhammadiyah agar mereka bisa mengerti langkah – langkah secara praktis cara membuat instalasi tersebut. Selain itu tujuan pemberdayaan masyarakat pun dapat tercapai.

Program Pengabdian PPM Muhammadiyah ini sangat bermanfaat bagi warga persyarikatan khususnya para jama’ah  dan Pengurus Masjid Istiqomah karena dengan adanya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang terinstal di Masjid ini sholat jamaah pada waktu maghrib dan isya’ tidak terganggu dengan mati listrik dari PLN atau korsleting. Selain itu warga persyarikatan mendapat pengetahuan, wawasan, serta keterampilan dalam instalasi PLTS.

PRM Wirokerten telah memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yaitu yang di hibahkan di Masjid Istiqomah. Warga Muhammadiyah di lingkungan PRM Wirokerten sangat antusias dalam menjalani kegiatan sosialisasi, penyuluhan edukasi PLTS, dan juga pada proses pelaksanaan instalasi PLTS bersama tim pengabdi dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Warga Muhammadiyah di lingkungan PRM Wirokerten khususnya Pengurus Ketakmiran Masjid dan Guru TK ABA Kepuh Wetan telah memahami pentingnya energi alternatif berupa energi terbarukan yang bersih dan mudah untuk diterapkan. PLTS dapat bermanfaat sebagai energi tambahan untuk penerangan dalam dan serambi Masjid Istiqomah. (*)

BERITA REKOMENDASI