PPM-Muhammadiyah UMY Ajari Siswa TK Kosakata Bahasa Jepang

Editor: KRjogja/Gus

Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) di Mergan, Moyudan, Sleman, Yogyakarta menggelar program Pengenalan Kosakata Bahasa Jepang Melalui Video Cerita Anak Di TK ABA Mergan. Kegiatan digelar pada 13 dan 14 Juli 2021 diikuti 17 peserta.

Penanggungjawab kegiatan sekaligus dosen Pendidikan Bahasa Jepang/Pendidikan Bahasa UMY, Azizia Freda Savana, M.Pd mengatakan program bertujuan mengajarkan sejak dini kosakata bahasa Jepang sederhana agar anak-anak mengenal bahasa Jepang sejak dini dan dapat menjadi materi penyegaran bagi anak-anak ditengah pandemi Covid-19.

“Kegiatan dilakukan online menggunakan zoom dan anak-anak TK ABA didampingi orang tuanya menggunakan zoom,” katanya.

Ditambahkan selama mengikuti zoom anak-anak menonton video cerita anak yang telah dibuat team dengan nama tokoh binatang dan tanaman menggunakan bahasa Jepang. Videonya sendiri berbahasa Indonesia, hanya tokoh dalam cerita tersebut menggunakan kosakata bahasa Jepang. Setelah memutarkan video, anak-anak diberikan pertanyaan nama tokoh bahasa Jepang tersebut dan yang paling banyak menjawab akan diberikan reward.

Kepala sekolah TK ABA Mergan, Supartinem, S.Pd mengatakan menyambut kegiatan pengabdian masyarakat UMY dengan terbuka dan merasa senang sekali TK ABA Mergan dijadikan tempat pengabdian. Ini merupakan suatu hal yang baru yaitu mengenalkan bahasa asing bahasa Jepang di TK ABA Mergan.

Pengenalan kosakata bahasa Jepang sederhana melalui video cerita anak mendapat antusiasme dari anak-anak karena diajarkan dalam bentuk video animasi. Melalui video anak-anak lebih paham dan cepat sekali menangkap kosakata sederhana pada tokoh cerita.

 

BERITA REKOMENDASI