PPM-Muhammadiyah UMY Bantu Pembelajaran di Ponpes Dengan Aplikasi KlassMu

Editor: Agus Sigit

Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) prodi teknik mesin, Fakultas Teknik UMY menggelar Pendampingan Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Pesantren Asy-Syifa’ Muhammadiyah Bantul melalui Aplikasi KlassMu. Kegiatan digelar di Pondok Pesanten As Syifa Bambanglipuro Bantul selama bulan April – Juni 2021 diikuti Pengajar Pondok Pesantren.

Ketua PPM-Muhammadiyah sekaligus dosen teknik mesin, Fakultas Teknik UMY, Dr. Ir. Wahyudi, ST.,MT. mengatakan Kegiatan ini bertujuan membantu Pesantren Asy-Syifa’ Muhammadiyah Bantul mengembangkan platform khusus media pembelajaran agar dapat menunjang proses pembelajaran selama masa pandemi Covid-19.

“Program ini diawali dengan pertemuan dengan pengelola Pesantren Asy-Syifa’ Muhammadiyah Bantul, untuk memastikan jadwal kegiatan sehingga selaras dengan kegiatan lain di Pesantren Asy-Syifa’ Muhammadiyah Bantul. Selanjutnya dilakukan pengembangan Learning Management System (LMS) yang diberi sebutan KlassMu. LMS ini dikhususkan bagi pembelajaran di sekolah,” katanya.

Melalui LMS KlassMu dengan alamat link https://klassmu.umy.ac.id/assyifa ustadz/ ustadzah dapat mengelola pembelajarannya, baik untuk pembelajaran online maupun offline. Fitur untuk unggah materi pelajaran dengan berbagai format dan penugasan ke santri beserta koreksinya tersedia di KlassMu.

“Setelah pengambangan aplikasi LMS KlassMu diselesaikan oleh Biro Sistem Informasi UMY, selanjutnya dilakukan sosialisasi dan pelatihan penggunaan LMS tersebut ke para admin di Pesantren As Syifa. Kegiatan pendampingan dilakukan melalui penyelenggaraan workshop tentang pengembangan media pembelajaran online dan penggunaan LMS KlasssMu. Para admin melanjutkan pelatihan pengembangan konten LMS ke semua ustadz dan ustadzah pengasuh Pesantren As Syifa.

“Aplikasi KlassMu memudahkan proses pembelajaran pada masa pandemi. Pemberian materi dan penugasan dapat dilakukan secara sistematis melalui aplikasi ini. Pesantren As Syifa akan mengembangkan konten di KlassMu sehingga dapat menjadi percontohan bagi pesantren lainnya,” tambahnya.

LMS KlassMu telah diterapkan di beberapa sekolah. Pesantren Asy-Syifa’ Muhammadiyah Bantul merupakan pesantren pertama yang menerapkan aplikasi LMS untuk mendukung proses pembelajarannya.

 

BERITA REKOMENDASI