PPM UMY Gelar Pelatihan Maktabah Syamilah untuk Mubaligh

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRjogja.com – Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menggelar pelatihan Penelusuran Sumber Rujukan Dakwah Tafsir dan Hadis pada Software Maktabah Syamilah. Kegiatan diikuti 20 Orang Mubaligh di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gamping Sleman.

Ketua program pengabdian sekaligus Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Syakir Jamaluddin, M.A. dari Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam mengatakan kegiatan ini sebagai upaya membekali Mubaligh kompetensi menelusuri referensi Hadits yang Sahih dan Tafsir yang Ma’tsur. Program yang digunakan adalah Maktabah Syamilah versi terbaru atau versi 4 dan diperkenalkan bagaimana cara penggunaannya khususnya dalam melakukan penelusuran hadist-hadits dan Tafsir yang umum dikenal di masyarakat.

“Kegiatan Pelatihan Maktabah Syamilah untuk para Mubaligh PCM Gamping dilaksanakan pada 27 Maret 2021 dari Pukul 08.00 pagi hingga Pukul 15.00 WIB. Para peserta diarahkan untuk membawa Laptop untuk diajarkan cara instalasi Maktabah Syamilah dan cara penggunaannya,” katanya.

Pelatihan ini sengaja diselenggarakan dalam momentum menyambut bulan suci Ramadhan sehingga para Mubaligh ketika menyampaikan ceramah keagamaan dapat menyampaikan materi dakwah secara valid dilihat dari kualitas hadits
serta tafsir Al-Quran yang disampaikannya.

” Para Mubaligh PCM Gamping Sangat atusias mengikuti acara tersebut bahkan mereka meminta untuk dapat diadakan setiap tahunnya agar kualitas keilmuan Islam mereka makin meningkat dari waktu ke waktu khusus dalam peran mereka sebagai panutan umat di masyarakat,” pungkasnya.

BERITA REKOMENDASI