PPM UMY Periksa Mata Gratis Ibu-ibu Aisyiah Nogotirto

Editor: KRjogja/Gus

SLEMAN, KRJOGJA.com – Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta bidang kesehatan mata digelar di wilayah Nogotirto Sleman beberapa waktu lalu. Mengambil tema ‘Tanggap darurat mata di rumah tangga dan mengenal manfaat serta efek samping obat mata’, kegiatan ini menyasar ibu-ibu Aisyiah Nogotirto.

Ketua program dari jurusan Profesi Apoteker, Sri Tasminatun, apt., S.Si., M.Si. menyampaikan kegiatan diisi pemeriksaan mata ibu ibu aisyiyah nogotirto dan ceramah, diskusi dan pengenalan macam dan bentuk obat- obatan mata.

“Trauma mata bisa terjadi dimana saja dan sebagian besar terjadi di lingkungan rumah tangga. Akibat trauma mata yang tidak dangani dengan cepat dan tepat dapat meningkatkan morbiditas penyakit mata meningkat dalam hal ini dapat menurunkan tajam penglihatan sampai timbul kebutaan. Jenis obat yang digunakan pada mata sangat beragam, baik obat sistemik (obat diminum) maupun obat tetes atau salep mata. Setiap obat mata mempunyai manfaat dan efek samping. Penggunaan obat mata harus tepat agar tujuan terapi dapat tercapai,” katanya.

Dalam kegiatan ini sebanyak 18 orang yang diperiksa. tidak mengalami kelainan mata yang membahayakan, sehingga tidak memerlukan penanganan lebih lanjut. Sementara bagi peserta yang mengalami gangguan penglihatan dibantu kaca mata. (*)

BERITA REKOMENDASI