PPM UMY Tingkatkan Kompetensi Santri Panti Asuhan Al-Amin

YOGYA, KRJOGJA.com – Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) telah dilaksanakan di Panti Asuhan Al Amin Rejowinangun, April 2020. Kegiatan diikuti sekitar 20 santri.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi santri Panti Asuhan Al Amin dalam pemanfaatan aplikasi grafis,” kata Dosen Teknik Mesin UMY, Wahyudi selaku ketua tim pengabdian kepada KRjogja.com.

Program Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan tahapan pertemuan dengan pengelola Panti Asuhan Al Amin, pertemuan ini dimaksudkan untuk memastikan jadwal kegiatan sehingga selaras dengan kegiatan lain di panti asuhan tersebut.

Pada pertemuan ini, pengusul menjelaskan tentang rencana kegiatan dan jadwal kegiatan. Mitra memberikan masukan, sehingga menjadi bahan untuk penyempurnaan program kerja. Pelatihan dasar pengenalan aplikasi Inkscape dan GIMP. Pelatihan aplikasi grafis Inkspace kepada santri diawali dengan instalasi software di PC.

Selanjutnya pelatihan dilakukan dari dasar pembuatan desain huruf sampai dengan desain gambar.

Selain itu para santri diberi buku tutorial dan file ebook. Dengan bantuan buku tersebut, para santri dapat berkreasi dalam pembuatan kaligrafi, desain poster, spanduk dan lain-lain.

“Kegiatan ini bermanfaat karena dengan adanya fasilitas perangkat komputer dapat membantu santri dalam mengikuti pelajaran sekolah di masa pandemi Covid-19,” kata Wahyudi.

Selain itu, santri memiliki tambahan kompetensi di bidang aplikasi grafis. Kegiatan peningkatan kompetensi santri  telah dilakukan dengan melibatkan santri dan pengelola panti asuhan.

Upgrade dan penambahan fasilitas perangkat telah dilakukan untuk mendukung terlaksananya kegiatan. Para santri dapat menggunakan komputer untuk kegiatan sekolah maupun belajar aplikasi grafis. Materi pembelajaran aplikasi grafis diperoleh dari pelatihan pengenalan dasar, buku dan file ebook. Dampak yang diperoleh para santri adalah kemudahan dalam mengikuti pembelajaran di sekolah dan peningkatan kompetensi dalam aplikasi grafis. (*)

BERITA REKOMENDASI