Tim KKN UMY Beri Pelatihan Pembuatan dan Pemasaran Batik Ecoprint

BANTUL, KRJOGJA.com – Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan pelatihan pembuatan batik ecoprint di Dusun Jelapan, Seloharjo, Pundong, Bantul, DIY. Tidak hanya itu, peserta juga diberi bekal untuk memasarkan produk yang mereka buat.

Dosen Akutansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY, Barbara Gunawan SE MSi Ak CA selaku inisiator mengatakan tujuan dari tujuan dari program pengabdian ini adalah untuk membantu meningkatkan nilai ekonomi masyarakat dari penjualan Batik Eco-print.

“Kami juga melakukan mapping Dusun Jelapan. Harapannya masyarakat pendatang mengetahui tata letak dusun Jelapan,” kata Barbara Gunawan dalam siaran pers yang diterima KRjogja.com, Jumat (31/1/2020).

Guna meningkatkan kualitas pendidikan beserta edukasi di masyarakat terutama anak-anak dari program KKN mengajar dilaksanakan, sosialisasi program pemanfaatan sumber daya alam yang terdapat di Dusun Jelapan. “Hasil dari kegiatan sosialisasi ini adalah pemahaman dan kesadaran warga akan pemanfaatan sumberdaya alam menjadi produk bernilai seni dan berdaya jual,” kata Barbara.

Selain itu warga terutama Ibu dan remaja putri di Dusun Jelapan dapat meengisi waktu dengan kegiatan bermanfaat yang menambah penghasilan. Di Dusun Jelapan juga disenggarakan pelatihan dan pendampingan pembuatan batik ecoprint, yang bertujuan ibu-ibu dan remaja putri mampu membuat batik menggunakan teknik ecoprint.

Diselenggarakan pelatihan dan pendampingan pengemasan batik ecoprint dimana hasil yang diharapkan adalah tercipta merk dan kemasan yang akan digunakan untuk mengemas produk batik ecoprint hasil karya warga, sehingga menarik minat pembeli.

Masyarakat juga mendapat pelatihan dan pendampingan pemasaran produk batik ecoprint. Sehingga nantinya, warga mampu memasarkan dan menjual produk batik ecoprint.

Warga masyarakat menyambut baik dan antusias program ini. Kegiatan yang diikuti 10 mahasiswa ini akan berlangsung dari 6 Januari – 6 Februari. Rencanaya, KKN yang merupakan program dari  Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UMY akan ditutup dengan pentas seni dan pengajian. (*)

BERITA REKOMENDASI