Tim KKN UMY Kenalkan Etika Pergaulan dan Pendidikan Seks di Dusun Juwono

BANTUL, KRJOGJA.com – Tim Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KKN UMY) Kelompok 026 melakukan program pengabdian masyarakat di Dusun Juwono, Desa Triharjo, Kecamatan Pandak Kabupaten Bantul. Materi yang diberikan tentang Etika Pergaulan dan Pendidikan Seks.

Materi yang disampaikan oleh Dr Nawari Ismail MAg berlangsung dalam suasana yang cair. Sebanyak 20 peserta yang sebagian besar adalah ibu-ibu dan remaja putri. mengikuti presentasi  tentang pentingnya etika pergaulan dan pendidikan seks.

Program pengabdian masyarakat yang dikoordinasi  oleh Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M UMY) bertujuan untuk memberikan wawasan yang bermanfaat bagi warga desa. Materi yang diberikan meliputi pengertian etika pergaulan yang merupakan nilai dan norma moral yang mengatur perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut Nawari Ismail, etika Pergaulan merupakan suatu aturan atau nilai yang diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan tentang baik dan buruknya perilaku laku manusia dalam melakukan hubungan interaksi sosial dengan lingkungan di sekitarnya yang berdasarkan pada ajaran agama.

Dalam kesempatan tersebut, juga disampaikan macam-macam etika pergaulan seperti etika pergaulan dengan orang tua. Kemudian etika pergaulan dengan teman sebaya serta etika pergaulan dengan tetangga dan etika pergaulan dengan lawan jenis.

Dr Nawari juga menyampaikan pentingnya orang tua memberikan materi tentang pendidikan seks kepada anak-ananya. Pendidikan seks adalah upaya pengajaran, penyadaran dan pemberian informasi tentang masalah seksual. Informasi yang diberikan antara lain yakni pengetahuan tentang fungsi organ dan kesehatan reproduksi.

Kesehatan Reproduksi sendiri merupakan keadaan sehat secara fisik, mental dan sosial secara utuh, tidak semata-mata bebas dari penyakit atau kecacatan yang berkaitan dengan system, fungsi, dan proses reproduksi.

Bagi laki-laki dan perempuan, untuk menjaga kesehatan dan fungsi organ reproduksi maka perlu dilakukan perawatan baik kepada laki-laki dan perempuan, antara lain dengan mengganti pakaian dalam diganti minimal 2 kali sehari. Menggunakan pakaian dalam yang menyerap keringat dan cairan. Bersihkan organ kelamin sampai bersih dan kering. Menggunakan celana yang tidak ketat. Membersihkan organ kelamin setelah BAK dan BAB. (*)

 

BERITA REKOMENDASI