Tim KKN UMY Perluas Pemasaran dan Sistem Keuangan’Rosalia’

SLEMAN, KRJOGJA.com – Tim Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) telah melaksanakan kegiatan di Desa Margorejo/16 Januari sampai 16 Februari 2021. Tim memperluas pemasaran UMKM Olahan Salak Rosalia melalii media sosial dan membantu sistem pelaporan keuagannya.

“Melalui akun marketplace, pembeli darimanapun dapat melihat produk dan melakukan transaksi jual beli.
pembukuan keuangan digital dilakukan karena selama ini pada UMKM ini, tidak terdapat sistem manajemen keuangan yang jelas sehingga masih adanya bias antara pendapatan dan pengeluaran (biaya produksi). Dengan adanya pencatatan keuangan digital ini agar pengelolaan keuangan menjadi lebih teroganisir dan rapi,” ungkap Dosen Pembimbing Hanifah Rahmi Fajrin melalui keterangan persnya.

Hanifah menjelaskan Tim KKN 210 membuat akun sosial media (instagram bisnis) dan market place (shopee) karena pemasaran UMKM Rosalia masih kurang luas.Bahkan, penjualannya hanya di sekitar kenalan dan rumah-rumah terdekat di UMKM.

“Tim ingin mengembangkan zona pemasaran menggunakan platform shopee yang telah menarik banyak perhatian konsumen dan penjual dengan berbagai macam kemudahan dan fitur yang dimiliki, karena banyaknya fitur yang diberikan. Shopee sudah tersebar di berbagai negara Asia Tenggara, seperti Singapura sang pendiri dan pusat Shopee, Thailand, Vietnam, Malaysia, Filiphina, dan juga Indonesia,” ungkap Hanifah.

BERITA REKOMENDASI