UMY Aplikasikan Asesmen Kinerja Berbasis Model 7s Mckinsey di RS PKU Muhammadiyah Wates

Editor: Agus Sigit

Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) dari prodi Akuntansi, FEB UMY menggelar pelatihan Implementasi Model 7s Mckinsey Dalam Pendampingan Asesmen Kinerja Organisasi di RS PKU Muhammadiyah Wates pada bulan Januari – Juni 2021.

Ketua Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah), sekaligus dosen prodi Akuntansi, FEB UMY, Dr. Suryo Pratolo, M.Si., Ak., CA., AAP bersama Ilham Maulana Saud, SE., M.Sc., Ak., CA selaku Anggota mengatakan Program Pengabdian Masyarakat (PPM) Muhammadiyah ini melakukan asesmen pada kinerja organisasional PKU Muhammdiyah Wates khususnya aspek kinerja manajemen dan kinerja keuangan dengan menggunakan pendekatan model 7s McKinsey, yaitu strategy, structure, systems, share-values, style, staff dan skills sehingga bisa dirumuskan potensi yang terukur untuk strategi sinergi antar amal usaha muhammadiyah baik PKU Kota maupun amal usaha pendidikan dan amal usaha bisnis yang lain.

“Hasil PPM Muhammdiyah ini diharapkan dapat memberikan solusi berupa rekomendasi perbaikan terhadap peningkatan kualitas tata kelola manajemen dan tatakelola keuangan PKU Muhammadiyah Wates,” katanya.

“Pelaksanaan pengabdian PKM-Muhammadiyah dalam melakukan asesmen kinerja PKU Muhammadiyah Wates telah terlaksana empat kegiatan, yaitu Sosialisasi kepada mitra terkait asesmen kinerja, Pengumpulan data awal berupa kuesioner, Pengelolaan data awal dengan analisis statistik deskriptif kemudian diakhiri dengan wawancara dengan manajemen PKU Muhammadiyah Nanggulan untuk menindaklanjuti hasil data awal yang diperoleh dari kuesioner,” tambahnya.

Direktur PKU Muhammadiyah Wates bidang non-medis, dr. Eka sangat mendukung program ini dan mengharapkan program ini dapat memberikan rekomendasi-rekomendasi perbaikan sehingga status tipe PKU Muhammadiyah Wates kembali memperoleh tipe rumah sakit.

BERITA REKOMENDASI