UMY Bantu BMT Hadapi Pandemi dengan Budi Daya Ikan dalam Ember

YOGYA, KRJOGJA.com – Lilies Setiyartiti, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyalarta (UMY) membuat budi daya ikan dalam ember (budikdamber) sebagai usaha alternatif penyelamat mitra usaha BMT-UMY.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) itu berlangsung di Jln.Ibu Ruswo 41, Yogyakarta dengan sasaran mitra BMT UMY yang terkena dampak pandemi sangat serius. “Tujuan kami agar mitra BMT UMY dapat berusaha kembali, sehingga dapat emenuhi kewajiban finansialnya kepada BMT UMY,” ujar Lilies.

Langkah awal pengabdian adalah melakukan koordinasi dengan BMT UMY terkait kerja sama dalam rangka membantu mitra usaha BMT UMY yang mengalami masalah serius akibat dampak pandemi Covid-19. Koordinasi ini dimaksudkan untuk mendapatkan persepsi yang sama mengenai upaya yang akan dilakukan untuk membantu mitra usaha bermasalah tersebut. Persepsi tersebut antara lain adalah siapa yang akan menjadi sasaran utama kegiatan, dan bagaimana menentukan sasaran tersebut, agar kegiatan pengabdian ini bsa berjalan secara optimal dan memberikan manfaat yang maksimal pada mitra sasaran tersebut.

“Langkah berikutnya, melakukan seleksi terhadap 28 mitra usaha yang usahanya mengalami masalah serius akibat pandemi berdasarkan pada kaidah-kaidah bisnis syari’ah yang selama ini diterapkan di BMT UMY. Kriteria dalam seleksi antara lain adalah : jumlah pembiyaan di BMT UMY, track record dari calon sasaran, tingkat keparahan masalah yang dialami akibat pandemi, potensi memiliki keberlanjutan usaha setelah kegiatan pengabdian berarkhir, serta motivasi mitra dalam menjalankan program budikdamber ini,” kata dia.

BERITA REKOMENDASI