UMY Bantu Inventarisasi dan Digitalisasi Aset Wakaf PCM Kasihan Bantul

Editor: Agus Sigit

Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) dari prodi Hukum Fakultas Hukum UMY menggelar program INVENTARISASI DAN DIGITALISASI ASET WAKAF DI LINGKUNGAN PCM – KASIHAN BANTUL. Kegiatan diikuti Majelis Wakaf Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kasihan bertempat di PCM Kasihan Bantul.

“Program ini bertujuan Melakukan Invetarisasi dan digitalisasi dokumen aset tanah wakaf yang dikelola oleh PCM Kasihan Bantul,” kata Nasrullah, S.H., S.Ag., MCL. selaku ketua Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) sekaligus dosen prodi Hukum Fakultas Hukum UMY.

Ditambahkan Kegiatan dimulai dengan melakukan FGD (Focus Group Discussion) dengan Pengurus Ranting Muhammadiyah se-Kecamatan Kasihan dan dengan Majelis Wakaf PCM kasihan dalam rangka melakukan inventarisasi aset wakaf yang dikelolah PCM Kasihan. Dari kegiatan ini diketahui terdapat sekitar 150 sertifikat tanah wakaf yang terhimpun di Majelis Wakaf PCM Kasihan.

Seluruh dokumen aset wakaf berupa sertifikat tersebut dilakukan proses digitalisasi dengan cara melakukan scanning terhadap dokumen tersebut. Hasil proses pemindaian kemudian disimpan dalam format pdf dan disimpan di komputer milik pengurus Majelis Wakaf PCM Kasihan kemudian diserahterimakan kepada Ketua PCM Kasihan.

Rosidi, anggota Majelis Wakaf dan Kekayaan PCM Kasihan mengakui bahwa bukti aset wakaf yang dikelola PCM Kasihan belum terdigitalisasi dan masih disimpan secara manual per kelurahan/desa. Dengan program digitalisasi yang didukung oleh UMY ini, kedepan dokumen aset wakaf di lingkungan PCM Kasihan akan tersimpan lebih rapih dalam SIMAM dan terback-up dalam komputer/PC maupun flash disk.

Ketua PCM Kasihan, Toto Budi Santosa mengapresiasi kegiatan KKN PPM UMY ini dan berharap agar data perwakafan ke depan dapat lebih didetailkan ke dalam tabel digital.

 

BERITA REKOMENDASI