UMY Dampingi Kader Kesehatan Sidokarto Wujudkan Rumah Sehat ‘Gendhis Jawi’

Editor: Agus Sigit

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Prodi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY menggelar Pengembangan Rumah Sehat Gendhis Jawi Berbasis Kader Sebagai Mitra Pelayanan Kesehatan. Kegiatan digelar di Kalurahan Sidokarto, Godean, Sleman
dengan peserta kader dan penderita PTM dukuh Sorolaten, Kalurahan Sidokarto, Godean Sleman.

Ketua PPDM sekaligus Dosen prodi Pendidikan Dokter/Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY, Mahendro Prasetyo Kusumo, Dr. dr., M.M., FISPH., FISCM., AIFO-K mengatakan kegiatan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader sehingga memiliki tingkat percaya diri yang tinggi dalam mendampingi masyarakat.

“Sosialiasasi dilaksanakan pada tanggal 25 Febuari 2021 dan diikuti oleh delapan belas peserta. Peserta tersebut terdiri dari kader, Kepala Dukuh, Kepala Desa, Kepala Puskesmas, dan perangkat Kalurahan Sidokarto. Sosialisasi dilakukan dengan cara memaparkan materi tentang alur pelaksanaan model rumah sehat Gendhis Jawi,” katanya.

Ditambahkan hasil pengabdian ini menjelaskan bahwa materi DM yang diinginkan masyarakat Sidokarto adalah terkait pengetahuan tanda dan gejala, pengobatan dan pencegahan DM. Materi tersebut akan disampaikan kepada masyarakat melalui rumah sehat “Gendhis Jawi” yang dilakukan oleh kader. Selain itu, Kader juga membutuhkan pengetahuan tentang tata cara pemeriksaan kesehatan seperti pemeriksaan tinggi badan, berat badan, lingkar perut, tekanan darah dan pemeriksaan gula darah yang benar.

Selama implementasi rumah sehat “Gendhis Jawi” didampingi oleh tim kesehatan Puskesmas Godean II Kecamatan Godean Kabupaten Sleman. Hasil diskusi bersama antara Tim Pengabdian Masyarakat, Perangkat Desa, Kader dan Puskesmas  menyimpulkan bahwa Pelaksanaan model rumah sehat “Gendhis Jawi” dilakukan di Padukuhan Sorolaten Kelurahan Sidokarto Kecamatan Godean Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Padukuhan tersebut merupakan salah satu padukuhan yang memiliki jumlah DM tertinggi di Desa Sidokarto.

Pelatihan persiapan implementasi rumah sehat “Gendhis Jawi” dilaksanakan pada 31 Maret 2021 yang dikuti oleh lima belas peserta yang terdiri dari kader, dukuh dan penderita DM di Dukuh Sorolaten. Metode pelatihan yang digunakan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan Kader adalah dengan cara diskusi kelompok.

“Setiap kader diberikan buku panduan yang berjudul Buku “Menuju Sehat Dan Mandiri”. Buku tersebut berisi materi-materi tentang DM yang dapat digunakan sebagai panduan setiap Kader ketika akan melaksanakan pendampingan maupun edukasi kepada masyarakat,” pungkasnya.

BERITA REKOMENDASI