UMY Gelar Pameran Foto Ekspresi Siswa Sebagai Media Promosi TK ABA Karangturi

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRjogja.com – Dalam rangka mempromosikan aktivitas belajar siswa selama pandemi, TK ABA Karangturi bekerja sama dengan KKN Reguler IT 089 UMY dan tim pengabdian masyarakat LP3M UMY menggelar pameran foto karya siswa pada hari Senin (15/2) di Aula SD Muhammadiyah Karangturi. Acara ini dihadiri oleh siswa KB dan TK beserta orangtua dengan antusias dan meriah karena dikesempatan ini anak-anak memamerkan aktivitas mereka sambil kembali berkumpul setelah satu semester belajar mandiri di rumah masing-masing.

Pameran foto ini merupakan puncak acara dari rangkaian workhsop fotografi yang dipandu oleh Tim KKN Reguler IT 089 UMY, dalam workshop ini orang tua siswa diberikan materi pengambilan gambar dengan komposisi dan pencahayaan yang baik dengan menggunakan ponsel. Rafli Febrian, Ketua KKN IT 089 UMY menjelaskan bahwa semua foto yang ditampilkan merupakan hasil jepretan orang tua siswa saat mendampingi putra-putrinya belajar di rumah, foto-foto ini kemudian dikumpulkan pada akhir semester. Lalu dikurasi oleh guru dan tim KKN, karya-karya terpilih kemudian diset di ruang pamer. Kepala sekolah TK ABA Karangturi, Ulfah Hidayati mengungkapkan ini merupakan pameran foto pertama di sekolahnya “Sebelumnya kita belum mengetahui program pameran seperti ini dan ini kali pertamanya kami menggelar pameran”, ungkapnya”

Pameran yang digelar selama satu minggu dari 15-22 Januari 2021 bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat pada TK ABA Karangturi selama pandemi. Pembina TK ABA Karangturi, Ibu Supriyati menuturkan bahwa sekolah tetap melakukan aktivitas pembelajaran, pada awal pandemi siswa diminta masuk seminggu satu kali dan selebihnya diberikan tugas untuk dimainkan bersama orang tua di rumah. Namun semakin buruknya kondisi pandemi memaksa aktivitas sekolah dihapuskan sama sekali, sebagai gantinya ibu-ibu guru yang berkunjung ke rumah siswa seminggu sekali. Hal ini lah yang tidak dilihat oleh masyarakat dan membuat tingkat kepercayaan masyarakat menurun. Jumlah siswa di tahun 2020 pun mengalami penurunan karena orang tua lebih memilih menunda masuk sekolah anaknya, mereka masih melihat belum aktifnya aktivitas pembelajaran di sekolah

Dalam upaya menyelesaikan permasalahan mitra yang sudah dirumuskan di atas, Erwan Sudiwijaya, Ketua pelaksana pengabdian masyarakat di TK ABA Karangturi sekaligus DPL KKN 089 menuturkan pihaknya lalu melakukan langkah perencanaan solusi pendampingan pembuatan pameran foto yang merekam aktifitas belajar anak di rumah sebagai upaya meningkatkan kepercayaan donator dan calon orang tua siswa.

 

 

BERITA REKOMENDASI