UMY Gelar Pelatihan Produksi Media Pembelajaran Berbasis Mutimedia bagi Guru

Editor: KRjogja/Gus

Bantul, KRjogja.com – KKN IT 90 UMY dan tim pengabdian masyarakat UMY di SMP Banguntapan menggelar pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif berformat multimedia bagi guru di Lab Ilmu Komunikasi UMY pada Kamis (1/2). Pelatihan berdurasi tiga jam ini berfokus pada produksi konten interkatif dengan audio dan visual, diawali dari pelatihan pembuatan naskah podcast pembelajaran berdurasi 15 menit, lalu praktek merekam dengan ponsel masing-masing melalui aplikasi Anchor FM dan menguploadnya di Spotify.

Peserta juga mendapatkan materi menggabungkan hasil rekaman audio dengan slide presentasi mata pelajaran dan mengolah menjadi materi pembelajaran audio visual melalui aplikasi power point di komputer.

Hasil dari pelatihan ini guru-guru sudah mampu membuat naskah dan memproduksinya dalam bentuk audio dan audiovisual, sehingga masalah awal monotonnya bahan ajar yang diberikan guru selama pembelajaran jarak jauh dapat diatasi. Pada tahap observasi tim pengabdian UMY dan mitra telah menentukan permasalah yang akan diselesaikan melalui program pengabdian kemitraan masyarakat adalah bentuk materi ajar masih membagikan scan materi dari buku belum dapat memanfaatkan multimedia, tutur Erwan Sudiwijaya selaku ketua pengabdian masyarakat di SMP Muhammadiyah Banguntapan.

Pelatihan ini merupakan rangkaian dari program pendampingan pembuatan media ajar interaktif dengan format Multimedia di SMP Muhammadiyah Banguntapan. Setelah pelatihan, tim pengabdian masyarakat UMY juga menghibahkan studio rekaman di SMP Muhammadiyah Banguntapan untuk meningkatkan produktifitas guru dalam membuat media ajar kreatif.

Peserta workshop ini Nur Aji menuturkan pernah mencoba mendapatkan materi pembuatan podcast dari Youtube namun belum pernah mencoba membuatnya. “saya merasa cara ini lebih sederhana dan mudah untuk diaplikasikan” ungkap guru Bimbingan Konseling ini. (*)

 

BERITA REKOMENDASI