UMY Latih Guru SMA Muhammadiyah III Yogyakarta Ketrampilan Observasi Gaya Belajar Siswa

Editor: Agus Sigit

YOGYA, KRJOGJA.com – Program pengabdian masyarakat UMY menyelenggarakan pelatihan keterampilan observasi gaya belajar sebagai upaya penanganan permasalahan siswa dengan peserta guru-guru SMA Muhammadiyah III Yogyakarta. Program dengan dr Seshy Tinartayu, MSc, beranggotakan Dr. SN Nurul Makiyah, S.Si., M.Kes keduanya dari program studi kedokteran fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan UMY.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan, Rabu (25/5) di dedung pertemuan kampus 3 SMA Muhammadiyah III Yogyakarta dengan dihadiri 41 guru. Materi disampaikan Novia Fetri Aliza, M.Psi dari Komunikasi & Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam UMY. Kegiatan juga berkolaborasi dengan dr.Revalita Wahab, MPd.Ked dari fakultas kedokteran Trisakti Jakarta.

“Saat ini proses belajar mengajar kembali dengan tatap muka, sehingga guru selain menyampaikan mata pelajaran kepada seluruh siswa di kelas, guru juga mempunyai tugas tambahan mengenali dengan observasi siswa dalam beradaptasi kembali terhadap perubahan setelah pandemi,” kata dr Seshy Tinartayu, MSc.

Rangkaian acara didahului pretest, penyampaian materi, tanya jawab, postes dan penyerahan barang hibah dari tim pengabdian masyarakat LPM UMY dan diterima oleh kepala sekolah SMA Muhammadiyah III Yogyakarta, Ibu Fitri Sari Sukmawati, M.Pd.

Materi disampaikan oleh pembicara secara menarik, interaktif dan melibatkan motorik guru sebagai peserta sehingga memudahkan penerimaan materi. Pesertapun antusias berdiskusi menyampaikan pengalaman selama mendampingi siswa. (*)

 

BERITA REKOMENDASI