UMY Latih Literasi Fiqh Informasi Pengurus Pimpinan Ranting Muhammadiyah Kadirojo

Editor: Agus Sigit

Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) prodi HIPM Pasca Sarjana UMY menggelar kegiatan Literasi Fiqh Informasi Untuk Peningkatan Kohesivitas Sosial di Era Disrupsi Informasi. Kegiatan digelar di Masjid Al- Fajar Kadirojo Palbapang Bantul, 21 Maret 2021 diikuti Pengurus Pimpinan Ranting Muhammadiyah Kadirojo.

Ketua PPM-Muhammadiyah, sekaligus dosen prodi HIPM Pasca Sarjana UMY, Dr. Surwandono Hubungan Internasional Program Magister mengatakan pelatihan “Literasi Fiqh Informasi” bekerja sama dengan PRM Kadirojo Palbapang Bantul dilakukan secara tatap muka langsung dengan diikuti peserta sejumlah 17 orang dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat.

Dr. Surwandono sebagai fasilitator dalam pengabdian ini memaparkan tentang pentingnya kesadaran dan partisipasi para pengurus Muhammadiyah untuk menjadi agen perdamaian di tengah era disrupsi informasi, di mana informasi yang bernarasikan hoax sedemikian rupa telah membanjiri ruang publik.

“Media sosial dan aplikasi chatting telah menjadi saluran penyebaran hoax secara sistematis. Muhammadiyah memiliki tanggung jawab social untuk terus membangun harmoni dalam masyarakat agar tujuan Muhammadiyah dalam membangun masyarakat utama dalam masyarakat tetap terjaga melalui penyusunan Fiqh Informasi,” katanya.

Dalam paparan, Dr. Surwandono menguraikan dengan sistematis tentang Fiqh Informasi dengan menarasikan dengan pendekatan kesejarahan, idiologis dan komunikasi mutakhir. Para peserta secara aktif mengajukan sejumlah pertanyaan untuk melakukan pendalaman terhadap Fiqh Informasi Muhammadiyah. Bagaimana pengalaman Nabi Adam AS dalam mengelola hoax yang diinformasikan oleh Iblis, bagaimana Rasulullah Muhammad SAW mengelola tentang berita palsu yang sering dikenal dengan istilah hadis ifki, dan bagaimana surat al-Hujurat memberikan kaidah bagaimana mengelola berita bohong secara cerdas dengan tehnologi tabayun atau klarifikasi.

Ketua PRM Kadirojo, Drs. Isapardi mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tinggi kepada Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang telah memberikan pendampingan secara terstruktur bagi peningkatan kapasitas pengelolaan organisasi persyarikatan Muhammadiyah selama ini Besar harapan, kerjasama antara Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan PRM Kadirojo dapat memberikan manfaat yang besar.

 

BERITA REKOMENDASI