UMY Review Program MBKM Menteri Nadiem

SLEMAN, KRJOGJA.com – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melaksanakan Seminar Nasional Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Senin (27/12/2021) di kawasan Kaliurang Sleman. Beberapa hal menarik dibahas, termasuk proses perjalanan MBKM yang telah diterapkan di UMY selama ini.

Prof Dyah Mutiarin, Kepala Lembaga Riset dan Inovasi UMY, mengatakan selama satu tahun terakhir pihaknya telah melaksanakan program kurikulum MBKM untuk 20 prodi di kampus. Menurut dia, program MBKM yang digawangi Kementrian Pendidikan Kebudayaan dan Riset Teknologi (Kemendikbud Ristek) sejalan dengan visi UMY yang ingin menjadi universitas berbasis riset.

“Tahun ini kami mengadakan survei dengan responden 16.810 dari seluruh UMY. Ini adalah survei yang kita melihat populasi sangat besar dan menyeluruh. Dosen dan mahasiswa berpartisipasi dalam program ini juga tenaga pendidik. Kami ingin melihat sejauh mana UMY mengimplementasikan MBKM dan ternyata mayoritas masih membutuhkan banyak sosialisasi,” ungkapnya di sela pelaksanaan.

BERITA REKOMENDASI