UMY Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa Via Konten Audio Kreatif

Editor: KRjogja/Gus

Tim pengabdian masyarakat UMY dan KKN Radio 2 UMY melakukan pelatihan pembuatan podcast dan Videocast materi ajar untuk mendukung pembelajaran jarak jauh yang bisa dipancarluaskan melalui radio dan Spotify pada Kamis (28/1) di SMP Muhammadiyah 3 Kokap, Kulonprogo.

Program pendampingan ini bertujuan untuk menyajikan media pembelajaran yang menarik bagi siswa dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Erwan Sudiwijaya, selaku DPL KKN Radio 2 dan Ketua pengabdian masyarakat di  SMP Muhammadiyah 3 Kokap, Kulonprogo menjelaskan bahwa kami merencanakan solusi bagi mitra dengan pelatihan membuat naskah, merekam audio dan menggabungkan audio dengan slide presentasi kemudian mengolahnya menjadi materi audio visual.

Hasil dari pelatihan ini adalah para guru dan siswa di lingkunan SMP Muhammadiyah 3 Kokap, mampu berkolaborasi untuk membuat konten pembelajaran, jingle promosi sekolah dan konten ucapan hari-hari besar yang direkam sendiri melalui Anchor FM dan diunggah di Spotify. Ketua KKN Radio 2 Ridho Wardana menuturkan bahwa proses pelatihan ini dilakukan dalam 4 hari karena selama pandemi guru-guru ke sekolah bergantian sesuai dengan jadwal piketnya, dilakukan di hari yang berbeda membuat berbagai kreatifitas guru saat melakukan perekaman dapat difasilitasi oleh teman-teman KKN.

Untuk meningkatkan produktifitas guru-guru SMP Muhammadiyah 3 Kokap dalam membuat konten pembelajaran yang kreatif, tim pengabdian masyarakat UMY pun menghibahkah satu studio rekaman audio yang kami set up di laboratorium komputer. Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 3 Kokap, Fuad Nuri berharap semoga konten pembelajaran kreatif berbentuk podcast dan videocast yang dibuat oleh guru dapat meningkatkan semangat belajar siswa di masa pandemi.

BERITA REKOMENDASI