Peran Edukasi Gema Cermat Terhadap Penggunaan Obat Rasional

BANTUL, KRJOGJA.com – Guna meningkatkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat dan benar, Program Kemitraan Masyarakat (PKM) UMY melakukan edukasi kepada masyarakat tentang penggunaan obat yang rasional untuk pengobatan mandiri (swamedikasi). Kegiatan menggandeng BUMDes Kajigelem, Bangunjiwo, 4 April 2021.

Narasumber yang akan melakukan edukasi dan pelatihan pada kegiatan PKM ini adalah dokter (dr.Imaniar Ranti, M.Sc) dan perawat (Nur Azizah Indriastuti, S.Kep., Ns., M.Kep). Untuk mengetahui peningkatan pengetahuan dan keterampilan dari peserta maka akan dilakukan pre-tes dan post-tes.

“Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan metode Cara Belajar Insan Aktif (CBIA) yaitu cara pembelajaran yang menuntut para peserta untuk berperan aktif dengan mengamati secara langsung objek yang akan dipelajari,” ujar dr Imaniar Ranti M Sc pembimbing kegiatan ini.

“Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat untuk membuka wawasan bagi ibu-ibu sebagai penanggung jawab kesehatan dalam rumah tangga. Harapannya kegiatan ini bisa terlaksana secara terus menerus dengan tema-tema yang lain,” ujar Ketua PKK Desa Kajigelem, Ny Tugiyem.(*)

BERITA REKOMENDASI