PKM UMY Berdayakan Komunitas Melalui Edukasi Pencegahan TB-DM

YOGYA, KRJOGJA.com – Guna meningkatkan pengetahuan kader Muhammadiyah tentang Komorditas Tuberculosis-Diabetes Mellitus (TB-DM), diadakan Program Kemitraan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Kegiatan ini berupa pemberdayaan komunitas melali edukasi pencegahan dan deteksi dini TB-DM.

Kegiatan yang diinisiasi dr Fitria Nurul Hidayah MSc SpPD dan dr Merita Arini MMR dari Fakultas Kedokteran UMY ini juga bertujuan untuk meningkatan kader tentang komuniasi efektif kepada masyarakat. Peserta program berasal dari kader TB Care ‘Aisiyah Yogyakarta sebanyak 35 orang. “Peserta akan lebih tahu dari aspek klinis TM-DM yang meliputi gejala, bahaya dan pencegahan,” kata Fitria Hidayah.

Peserta mengikuti sesi edukasi yang diselenggarakan di aula Gedung Dakwah Pimpinan Daerah Kota Yogyakarta di Jl. Sultan Agung No.14, Wirogunan, Pakualaman, Kota Yogyakarta. Karena masih dalam suasana pandemi, seluruh peserta, panitia, maupun pemateri mematuhi protokol kesehatan sejak masuk ke gedung dengan cara cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, cek suhu, selalu memakai masker, tidak bersalaman, dan jaga jarak minimal 1 meter.

Sesi edukasi dilakukan dengan 2 materi utama, yaitu Aspek klinis TB-DM dan Program TB-DM dan Komunikasi Efektif. Materi disampaikan oleh tim dosen FKIK UMY dan dr Savina Hasbiani, Puskesmas Danurejan 1. Kepada peserta juga dibagikan leaflet TB -DM dan video edukasi.

Selain kedua materi utama, peserta juga mengisi pre-test dan post-test yang hasilnya menunjukkan terdapat peningkatan pengetahuan yang siginifikan. Untuk menambah semarak, di akhir kegiatan tim penyelenggara juga membagikan doorprize berupa masker non-medis kepada 6 peserta yang aktif mengajukan pertanyaan saat sesi diskusi dan bisa menjawab pertanyaan pemateri dengan tepat.

BERITA REKOMENDASI