PKM UMY Beri Pelatihan Asiprasi Jarum Halus di Yayasan Kucala

YOGYA, KRJOGJA.com – Program Kemitraan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memberikan pelatihan keterampilan Aspirasi Jarum Halus (AJH) kepada tenaga kesehatan di Yayasan Kucala Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatan layanan di Kucala Medical Centre.

Inisiator kegiatan Asti Widuri dari Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan mengatakan AJH merupakan langkah  diagnostik berupa prosedur pengambilan sampel dari sel tubuh dengan jarum untuk pemeriksaan laboratorium.

AJH dapat membantu proses diagnosis suatu penyakit, menyingkirkan kemungkinan suatu penyakit, dan menilai perkembangan penyakit dalam proses pengobatan. Teknik pemeriksaan AJH cukup aman, murah, dapat dipercaya dan resiko komplikasi kecil, dengan catatan harus dilakukan oleh operator dan dinilai oleh ahli sitologi yang berpengalaman. Pemeriksaan AJH dapat dilakukan pada pasien rawat jalan dengan resiko yang sangat kecil.

Kegiatan yang dilaksanakan diawali Focus group discussion tentang indikasi dan prosedur pemeriksaan AJH dengan dokter ahli Patologi Anatomi dan pembuatan standar

operating procedure (SOP). Hands on teknik pengambilan Aspirasi Jarum Halus sesuai dengan prosedur dan Hands on pembuatan apusan dan pengiriman sampel AJH. (*)

BERITA REKOMENDASI