PKM UMY Beri Pelatihan Olahan Kelor ke Toga Surtri’as

BANTUL, KRJOGJA.com – Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memberikan pelatihan variasi olahan daun kelor kepadapa kelompok Toga Surtri’as Panbar di Dusun Gluntung Kidul, Kecamaatan Pandak, Kabupaten Bantul. Daun kelor atau moringa oleifera merupakan tanaman yang memiliki banyak kelebihan sehingga bisa dimanfaatkan untuk menambah variasi makanan di angkringan.

Ketua PKM Ir Titiek Widyastuti MS mengatakan program pendampingan dilakukan dalam beberapa tahap. Diawali dengan forum diskusi baik individu maupun dalam bentuk kelompok. “Dari situ ada potensi daun kelor untuk variasi olahan, selanjutnya dilakukan rapat koordinasi Tim PKM dengan mitra,” kata Titiek Widyastuti.

Tahap pelaksanaan diikuti 20 peserta berupa penyuluhan dan praktek olahan kelor, penyuluhan manajemen usaha, bantuan peralatan kelor, pendampingan pascapelatihan serta monitoring dan evaluasi.

Pihak Toga Surtri’as Panbar mengucapkan terimakasih karena telah diberikan ilmu pengetahuan dan keterampilan serta diberikan sarana dan prasarana untuk keberlanjutannya. (*)

 

BERITA REKOMENDASI