PKM UMY Dampingi Pemasaran TK ABA Kentungan

SLEMAN, KRJOGJA.com – Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mendampingin TK ABA Kentungan, Depok, Sleman DIY. Program tersebut berupa pendampingan pemasaran berbasis Awareness, Interest, Desire, Action (AIDA) untuk daya saing.

“Tujuan program pendampingan bertujuan meningkatkan kualitas/performa guru TK untuk dapat menyampaikan materi baik secara daring. Sehingga murid-murid ketika mendengarkan guru bercerita di Youtube/media online, murid-murid jadi tertarik,” kata Ketua Tim Pengabdian, Faiza Husnayeni Nahar SE MEc, Dosen Ekonomi Bisnis UMY kepada KRjogja.com.

Tujuan lainnya adalah memberikan pengetahuan mengenai pembuatan video yang baik seperti apa, kemudian ditambah dengan pembuatan channel youtube, sehinggaguru dapat berkreasi sampai kapanpun untuk upload video mereka. Program Pengabdian ini memberikan fasilitas dan dukungan penuh untuk TK ABA Kentungan agar dapat meningkatkan jumlah murid baru dengan melakukan promosi secara online, seperti pembuatan channel youtube dan penyebaran poster Informasi Calon murid baru.

Kegiatan berlangsung selama dua hari 6 dan 8 Juli diawali dengan focus group of discussion  yang diisi dari Majelis Dikdas Pimpinan Ranting Aisyiyah Condong Catur Barat yaitu Meika Kurnia Puji RDA, SE MSi PhD dan Dian Azmawati SIP MA yang juga dosen UMY.

Isi acara adalah mengenai bagaimana content yang bagus agar murid-murid tertarik dan mau mendengarkan bu guru. “Program ini sudah berjalan sesuai dengan keinginan majlis Dikdas, TKA ABA, UMY dan tentunya sesuai dengan instruksi Muhammadiyah dalam pembelajaran online,” kata Faiza Husnayeni.

Materi berikutnya adalah pengenalan dan penyampaian materi tentang video. Dilanjutkan hari berikutnya proses pembuatan video mulai dari masa orientasi murid, pengenalan guru, pengenalan keas, lingkungan dan sebagainya.

“Harapannya dengan adanya kegiatan ini, TK ABA dapat terbantu dari segi financial dan non-financial. Ketika UMY memperhatikan peran guru dengan baik, saya yakin guru semakin semangat dan ini juga menjadi ajang promosi UMY di masyarakat bahwa pengabdian dapat dilakukan dari segala segmen,”  kata Kepala Sekolah TK ABA Kentungan Yulia Sawitri SE. (*)

BERITA REKOMENDASI